Bibir Pecah-Pecah? Perhatikan 5 Tanda Kesehatan Ini

Nabila Mecadinisa23 Jan 2020, 17:00 WIB
bibir-pecah-140113b.jpg

Fimela.com, Jakarta Udara dingin memang menyebalkan. Pada kondisi ini, kulit bisa mengalami dehidrasi dan membuat bibir jadi kering, pecah-pecah dan juga terkelupas. Bahkan, banyak dari kita yang menganggap bahwa bibir pecah-pecah hanya akibat dari tubuh yang mengalami dehidrasi. Padahal, tidak demikian. Bibir pecah-pecah bisa menndakan sejumlah masalah kesehatan.

Kulit bibir yang kering dan pecah-pecah bisa menandakan kamu mengalami dehidrasi, alergi, kekurangan vitamin, dan masalah kesehatan lainnya. Penasaran apa saja? Seperti yang dilansir dari Bustle.com, simak selengkapnya berikut ini.

1. Infeksi Jamur

Tahukah kamu bahwa bibir pecah-pecah juga bisa terjadi akibat infeksi jamur. Hal ini biasanya terjadi pada area sudut bibir. Hal ini terjadi saat kamu menjilat bibir, dan suhu hangat tersebut membuat jamur saliva tumbuh di sudut mulut. Salah satu cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan konsumsi banyak air dan hindari menjilat bibir. Selain itu kamu juga bisa memulaskan lipbalm untuk menghentikan menumpuknya saliva pada bibir. 

Masalah kesehatan akibat bibir pecah-pecah

Bibir kering/Unsplash Caesar
Bibir kering/Unsplash Caesar

2. Reaksi alergi

Jika bibir terlihat seperti habis melakukan filler. Tampak merah, dan tebal, disertai pecah-pecah, bisa jadi hal ini akibat reaksi alergi. Produk lip plumping biasanya mengandung kandungan yang dapat timbulkan alergi. Selain itu, efek makanan juga bisa memicu alergi pada tubuh.

3. Dehidrasi

Bibir kering juga menandakan kamu mengalami dehidrasi. Usahakan setidaknya minum 8 gelas air setiap hari dan jangan lupa untuk maksimalkan kelembapan dengan menggunakan jojoba oil atau shea butter.

4. Kerusakan akibat sinar matahari

Paparan sinar matahari bisa membuat bbir jadi kaku dan kering hingga akhirnya kamu akan mengalami bibir pecah-pecah. Selain itu, hal ini juga menandakan terjadinya inflmasi pada tubuh, Sebagai proteksi, upayakan untuk lindungi bibir dengan menggunakan produk yang mengandung SPF.

5. Kekurangan Vitamin

Vitamin B memiliki peran penting untuk memaksimalkan fungsi tubuh. Hal ini juga membantu tubuh agar mendapat energi lebih maksimal serta meningkatkan sistem imunitas pada tubuh. Di saat kamu kekurangan vitamin B, maka sejumlah masalah kulit bisa terjadi, salah satunya kulit kering dan pecah-pecah.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓