Ingin Kulit yang Terhidrasi Optimal? Yuk Konsumsi Makanan Ini

Nabila Mecadinisa28 Jan 2020, 11:00 WIB
Makanan sehat

Fimela.com, Jakarta Kecantikan kulit tak hanya terpaku pada skincare yang kamu pakai saja. Tapi, apa yang dikonsumsi juga mampu wujudkan kecantikan kulit yang diinginkan. Dan salah satu kunci kulit sehat adalah kelembapannya yang terjaga.

Apakah sahabat Fimela sudah memiliki kelembapan kulit yang cukup? Untuk mengetahauinya, ada cara mudah yang bisa dilakukan. Cobalah untuk berkaca dan perhatikan, apakah kulit terlihat kusam? terasa kering dan bersisik? lalu apakah elastisitasnya juga terjaga? Jika semua itu ada di kulitmu, tandanya kulit mengalami dehidrasi.

Menggunakan pelembap adalah salah satu cara yang bisa dilakukan. Tapi, alangkah lebih baik jika kamu memaksimalkannya dengan asupan yang dikonsumsi. Seperti yang dilansir dar Byrdie.com, ada sejumlah makanan yang dapat meningkatkan hidrasi kulit dan membantunya jadi lebih lembap. Penasaran apa saja?

 1. Brokoli

Brokoli adalah sayuran favorit untuk mencukupi hidrasi kulit. Mengandung 90% air, brokoli dapat memenuhi kebutuhan air pada tubuh dan menjadikan kulit semakin baik. Selain itu, kaya akan antioksidan seperti vitamin C dan E, maka brokoli juga sangat baik untuk menstimulasi produksi kolagen dan menjadikan kulit senantiasa kenyal dan sehat serta memproteksi kulit dari efek radikal bebas. 

Asupan yang baik untuk menghidrasi kulit

Makanan sehat
Sejumlah asupan yang baik dikonsumsi untuk optimalkan hidrasi dan nutrisi pada kulit.

2. Yogurt

Selain sayur dan buah, konsumsi plain yogurt secara rutin juga bisa memenuhi kebutuhan air dalam tubuh. Yogurt memiliki kandungan air sebanyak 85% dan sumber baik probiotics. Kandungan bakteri baik tersebut sudah terbukti memiliki kekuatan sempurna untuk menyempurnakan manfaat dari skincare. Bakter baik tersebut juga dapat menyehatkan pencernaan dan membantu menghalau kerusakan akibat radikal bebas, menekan faktor alergi, dan membantu menjadikan skin barrier semakin sehat.

3. Minyak zaitun

Perlu diketahui bahwa ada dua jenis lemak yakni golongan baik dan jahat. Lemak baik akan memberikan nutrisi pada kulit dan menjadikannya sehat serta bercahaya. Sedangkan lemak jahat hanya akan memberikan efek buruk bagi tubuh dan kulit. Minyak zaitun masuk dalam golongan lemak baik dan terbuat dari 75% monosaturated fatty acids. Jadi mulai sekarang, saatnya untuk mulai rutin konsumsi olive oil untuk jadikan kulit semakin sehat. 

4. Buah berry

Blackberry, blueberry, strawberry, juga kaya akan antioksidan tinggi. Jenis buah tersebut mampu memproteksi kulit dan melindunginya berkat kandungan antioksidan di dalamnya. Berfungsi untuk melindungi kulit dari radikal bebas, polusi, efek paparan sinar UV, sehingga kulit ajan semakin sehat dan cerah.

5. Cokelat

Cokelat juga bisa membantu kamu untuk merih kulit yang sehat. Cokelat bisa membantu kulit jadi lebih kencang, bersinar, dan kenyal. Hal ini tentu karena kandunga cokelat yang sangat tinggi akan antioksidan. Namun cokelat yang dimaksud di sini adalah dark chocolate dengan kandungan 70%. Konsumsilah beberpa potong setiap hari, dan buktikan sendiri khasiatnya pada kulit kamu.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓