Ini yang akan Terjadi jika Kamu Tidur tanpa Menghapus Makeup

Fimela Editor29 Jan 2020, 12:00 WIB
[Fimela] Makeup Brush

Fimela.com, Jakarta Tidur dengan makeup adalah ide yang mengerikan. Tentu saja, ini tidak baik untuk kulitmu. Kamu mungkin terlalu lelah untuk menghapusnya dan sudah terlalu larut jika tidak langsung tidur. Lalu kamu berpikir, apa salahnya jika tidak menghapusnya sekali saja? Justru hal ini akan menyebabkan lebih banyak kerusakan daripada yang kamu pikirkan. Tidur tanpa mencuci muka adalah berita buruk dan dapat memiliki efek berbahaya yang kumulatif.

Dilansir dari thelist.com, inilah hal-hal yang akan terjadi pada kulit wajahmu jika tidak menghapus makeup sebelum tidur.

Pori-pori wajah akan tersumbat

Tidur dengan makeup dapat menyumbat pori-pori wajah kamu. "Tidur dengan makeup akan membuat pori-pori wajah tersumbat karena begitu banyak produk makeup yang memiliki bahan-bahan seperti silikon yang dapat menyumbatnya," jelas Debra Jalman, seorang ahli dermatologi di New York City. "Ketika pori-pori tersumbat, kulit akan bertekstur. Bahkan, dapat menyebabkan timbulnya jerawat,” tambahnya. Secara tidak langsung, kamu juga akan merusak kulitmu jika tidak segera membersihkan makeup sebelum tidur.

Kulit wajah akan berjerawat

[Fimela] Jerawat
Ilustrasi jerawat | unsplash.com/@armedshutter

Dokter kulit di Beverly Hills, Dr. Harold Lancer menunjukkan fakta bahwa kulit kita tidak pernah berhenti bekerja, seperti halnya jantung yang tidak pernah berhenti berdetak. "Sama seperti organ dalam kita, kulit pun selalu bekerja. Kulit terdiri dari air, protein, lipid, dan berbagai mineral juga bahan kimia. Kulit juga tertutup pori-pori, yang memungkinkan kita berkeringat dan mengeluarkan sebum yang dapat melembabkan kulit dan menghilangkan sel kulit mati atau iritasi lainnya. Ketika kamu bermakeup, ini akan memblokir pori-pori dari melepaskan sebum, yang dapat menyebabkan pori-pori terlihat lebih besar dan menyebabkan jerawat," jelasnya.

Merusak sel-sel kulit pada wajah

Sel-sel kulit juga dapat rusak karena tidak menghapus makeup sebelum tidur. “Makeup dapat menjebak polutan lingkungan dan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit, termasuk kolagen yang menyebabkan penuaan kulit lebih dini," jelas Dr. J. Matthew Knight dari FAAD Knight Dermatology Institute. Jadi, tidak membersihkan makeup sebelum tidur tidak hanya menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat tetapi juga dapat mempercepat proses penuaan pada kulit wajahmu.

Kulit wajah menjadi kusam

[Fimela] Ilustrasi kulit wajah
Ilustrasi kulit wajah | unsplash.com/@amandadalbjorn

Kulit lembab, bercahaya, lembut, dan halus adalah impian semua orang. Sementara, kulit yang kusam, pucat, atau kering tentu tidak kita inginkan. "Kulit adalah organ terbesar dari tubuh kita dan melakukan fungsi vital bagi tubuh, seperti mengeluarkan keringat, mengeluarkan lemak, menyembuhkan luka, dan mengatur suhu," ujar estetika ahli kecantikan dan tata rias di New York, Liz Donat.

"Jadi sangat penting bagi kita untuk membersihkan dan mengeksfoliasinya secara teratur, terutama tidak tidur dengan makeup. Pori-pori yang tersumbat akan menimbulkan komedo yang terbentuk ketika sel kulit mati, minyak, dan makeup terjebak di dalam pori-pori dan mencekik kulit," jelasnya. "Pori-pori yang tersumbat ini adalah salah satu faktor penyebab jerawat dan membuat kulit terlihat kusam dan tak bernyawa," tambahnya.

Kulit wajah cepat keriput

"Tidur dengan makeup yang masih menempel pada wajah dapat menyebabkan jerawat, mengeringkan kulit yang menyebabkan kemerahan dan sensitivitas, serta mempercepat proses penuaan yang menyebabkan munculnya keriput lebih dini," jelas Andrea Rodriguez dari Chalet Cosmetics.

Murat Evin, Direktur Kreatif di London School of Makeup juga mengatakan, tidur dengan makeup dapat menyebabkan timbulnya kerutan. “Jika makeup tidak dibersihkan dengan benar sebelum tidur, ini dapat menyebabkan kerusakan kolagen. Jika kolagen tidak dapat diproduksi dengan benar, itu berarti kulit akan menua lebih cepat dari yang seharusnya,” jelasnya.

Itulah beberapa hal yang akan terjadi jika kamu tidak membersihkan makeup dengan benar sebelum tidur. Jadi, jangan malas untuk mencuci muka walaupun hari sudah larut, Sahabat Fimela!

Penulis: Rafinda Eki Puspitasari

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓