Rontok dan Alami Kebotakan Ringan? Ini Resep Masker Alami untuk Kesuburan Rambut

Karla Farhana04 Feb 2020, 13:30 WIB
[Fimela] Aloe vera

Fimela.com, Jakarta Rambut rontok memiliki banyak faktor penyebab. Salah satunya, perubahan hormon. Namun, rambut rontok juga bisa disebakan kurang nutrisi pada akar dan batang rambut. Namun, jika hal ini dibiarkan dapat menimbulkan kebotakan ringan. 

Kebotakan ringan ini, Health Line menulis, disebabkan oleh rambut yang rontok atau mundurnya hair line akibat terlalu banyak dikuncir atau rambut yang terlalu panjang sehingga menimbulkan kerontokan rambut. 

Untuk itu, Sahabat Fimela dapat mengatasi masalah ini dengan cara mengunakan masker alami secara rutin seminggu sekali. Bahan alami yang bisa kamu pakai adalah lidah buaya. 

Style Craze menulis, lidah buaya dapat mendorong pertumbuhan rambut-rambut baru karena mengandung amino acid dan enzim proteolytic yang bukan cuma memperbaiki kerontokan tetapi juga memperbaiki kesehatan kulit kepala. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan minyak castor pada kulit kepala yang juga memiliki manfaat yang sama seperti lidah buaya. 

Cara Membuat Masker Alami

[Fimela] Rambut
Ilustrasi Rambut | unsplash.com/@paul_siewert

Bahan-bahan yang kamu butuhkan tidak banyak. Hanya sehelai daun lidah buaya berukuran besar dan 2 sdm minyak castor. Kamu bisa membeli lidah buaya berukuran besar di supermarket terdekat. 

Cara Membuat: 

Bersihkan kulit lidah buaya dengan air. Kemudian, kupas kulitnya yang berwarna hijau. Setelah itu, masukkan ke dalam blender, haluskan. Agar tidak ada bahan-bahan kasar yang nantinya menyangkut pada batang rambut, sebaiknya kamu saring aloe vera yang sudah kamu haluskan. 

Masukkan 2 sdm minyak castor. Aduk hingga merata, dan aplikasikan pada seluruh bagian kulit kepala dan juga helai rambut. Bungkus rambut dan kepala dengan shower cap dan diamkan selama 20-30 menit. Bilas dan keramas seperti biasanya. Selamat mencoba, ya!

Lanjutkan Membaca ↓