7 Perawatan Rambut Keriting Agar Tampil Prima untuk Sehari-Hari

Anisha Saktian Putri05 Feb 2020, 19:00 WIB
Rambut Keriting

Fimela.com, Jakarta Memiliki rambut keriting memang perlu perawatan lebih dibanding pemilik rambut lurus. Hal ini dikarenakan rambut keriting sulit diatur hingga mudah kering. 

Namun tenang, ada beberapa perawatan yang bisa dilakukan agar rambut keriting mudah ditata dan tidak kusut. Berikut beberapa perawatan mudah untuk rambut keriting.

1. Jangan terlalu sering keramas 

Usahakan agar frekuensi keramas hanya dua kali seminggu dan tidak lebih dari itu.  Jika sering keramas, rambut pun akan kehilangan minyak alami dan membuat rambut semakin kering. 

2. Gunakan kondisioner

Selalu ingat untuk menggunakan kondisioner setelah keramas.  Rambut keriting memiliki kecenderungan mudah kusut, dan rentan terhadap kerusakan.  Kondisioner membantu untuk membuat rambut keriting jadi lebih mudah diatur. Agar lebih maksimal, saat menggunakan kondisioner tutup kepala memakai shower cap agar meresap, kemudian gunakan air hangat untuk membilas. 

3. Sisir saat mandi

Menyisir rambut saat mandi akan menbuat helaian rambut mudah dipisahkan dan mengurangi kusut.  Setelah menerapkan kondisioner, sisirlah rambut, tunggu sebentar dan bilas rambut kemudian.  Ini akan membuat rambut lebih mudah diatur.

4. Gunakan sisir bergigi lebar

[Fimela] Rambut keriting
rambut keriting | unsplash.com John

Gunakan sisir bergigi jarang atau lebar. Sisir normal dapat menarik rambut dan menyebabkan kerusakan.  Sisir bergigi lebar akan mengurai rambut keriting tanpa merusaknya, dengan demikian membantu mempertahankan ikal yang sehat dan mudah diatur.

5. Biarkan Kering alami

Jangan menggunakan metode blow dry untuk mengeringkan rambut.  Sebaliknya, biarkan mereka mengering sendiri.  Menggunakan panas untuk mengeringkan rambut hanya akan membuat rambut kering, dan rentan terhadap kerusakan. 

6. Atur Rambut Saat Mereka Masih Basah

Untuk menghindari rambut keriting kusut, atur rambut saat basah dan biarkan sampai kering.  Ini akan memastikan agar tekstur keriting tetap terkendali. 

7. Sisir Rambut dari Bawah ke Atas

Walaupun ujung rambut adalah bagian yang paling mudah kusut, namun lebih baik jangan menyisir rambut keriting dari atas ke arah ujung. Sebaiknya sisir lembut rambut per bagian. Dari bawah ke ujung rambut dan kemudian bergerak dari atas ke area tengah.  Ingatlah untuk tidak menarik dengan kasar saat menyisir rambut. 

 

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓