9 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Menggunakan Vitamin C untuk Kulit

Annissa Wulan09 Feb 2020, 14:00 WIB
Ilustrasi minyak esensial

Fimela.com, Jakarta Vitamin C terkenal dengan khasiatnya untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV. Ada banyak vitamin C yang dijual di pasaran, namun jenis yang digunakan, cara menggunakan, dan menyimpannya dapat mempengaruhi hasilnya.

Jadi, sangat penting untuk memperhatikan langkah-langkah penggunaan vitamin C yang tepat. Dilansir dari self.com, Jumat (7/2/2020), berikut ini adalah beberapa hal yang harus diketahui sebelum menggunakan vitamin C untuk kulit.

1. Menggunakan serum vitamin C di pagi hari

Kamu akan mendapatkan banyak manfaat jika menggunakan serum vitamin C di pagi hari, daripada di malam hari. Namun, penting untuk memastikan bahwa produk telah menyerap dengan baik di kulit sebelum kamu pergi keluar rumah.

2. Mengaplikasikan langkah yang tepat

Untuk serum, vitamin C sebaiknya digunakan pada kulit yang baru saja dibersihkan, namun sebelum dilembapkan. Sedangkan untuk pelembap sebaiknya digunakan di akhir rutinitas.

3. Menggunakan konsentrasi yang tepat untuk masalah kulit

Produk vitamin C yang berbeda tentu juga memiliki konsentrasi yang berbeda juga. Secara umum, vitamin C memiliki konsentrasi di bawah 5% hingga 30%.

Pemilik kulit sensitif dianjurkan menggunakan vitamin C dalam kadar sekitar 5% saja agar tidak iritasi. Namun, untuk kulit berminyak atau memiliki masalah pigmentasi, dianjurkan menggunakan vitamin C dengan konsentrasi yang lebih tinggi.

 

 

4. Jangan mencampur vitamin C dengan kandungan tertentu lainnya

Produk kecantikan
Ilustrasi produk kecantikan/copyright shutterstock

Vitamin C sebenarnya cukup aman dan dapat ditoleransi dengan baik, namun jika kamu memiliki kulit sensitif, vitamin C akan sedikit berisiko. Kandungan lain yang harus dihindari agar tidak dipakai bersamaan dengan vitamin C adalah benzoil peroksida.

5. Vitamin C bisa digunakan bersamaan dengan retinol, namun hati-hati

Kedua kandungan ini tidak boleh digunakan bersamaan, karena hasilnya akan kurang efektif. Contohnya, vitamin C digunakan di pagi hari, sedangkan retinol di malam hari.

6. Pastikan untuk menyimpan vitamin C dengan benar

Vitamin C adalah produk yang sensitif terhadap cahaya dan udara, sehingga produk ini harus disimpan dalam wadah yang buram agar tidak teroksidasi.

7. Melihat formulasi keseluruhan produk

Ilustrasi kecantikan
Ilustrasi kecantikan. Sumber foto: pexels.com/Shiny Diamond.

Ada berbagai jenis vitamin C, namun sifat yang berbeda tentu akan memiliki reaksi yang berbeda juga di kulitmu. Pastikan kamu selalu memperhatikan formulasi keseluruhan produk sebelum menggunakan vitamin C jenis tertentu.

8. Perhatikan apakah produk tersebut berubah warna

Serum vitamin C seharusnya tidak berwarna. Jika teroksidasi, warnanya akan berubah menjadi kuning atau cokelat dan kemungkinan produknya akan menjadi kurang efektif.

9. Jangan membatasi diri dengan serum

Cara terbaik untuk menggunakan vitamin C dalam rutinitas perawatan kulit adalah dengan serum. Namun, kamu tidak perlu membatasi diri, karena kamu juga bisa mendapatkan manfaat dari vitamin C dari produk pembersih, pelembap, eksfoliator, bahkan tabir surya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓