5 Alasan Mencuci Wajah di Malam Hari Sangat Penting

Anisha Saktian Putri10 Feb 2020, 14:00 WIB
Mencuci wajah

Fimela.com, Jakarta Setelah seharian menjalani aktivitas, tentu hal yang paling ditunggu-tunggu adalah tidur untuk mengistirahatkan tubuh. Inilah mengapa, banyak dari kita kerap terlupa untuk mencuci wajah sebelum pergi tidur di malam hari.

Padahal, perawatan mencuci wajah sebelum tidur adalah salah satu perawatan wajib dan penting. Sebab, setelah seharian beaktivitas tentu kotoran polusi menempel di wajah. Selain itu, ada beberapa manfaat lainnya jika sahabat Fimela rajin mencuci wajah di malam hari. Apa saja? Mari kita simak, dilansir dari Boldsky.

1. Membersikan pori-pori

Sisa sel-sel kulit mati dapat menyumbat pori-pori waja, jika tidak dirawat dengan baik. Penggunaan makeup setiap hari dalam durasi lebih dari 4 jam juga menjadi salah satu hal yang dapat menyumbat pori-pori.

Maka tak ada salahnya, membersihkan wajah di malam hari untuk menghilangkan semua kotoran dari wajah dan membuka pori-porimu. Jika memiliki waktu lebih, lakukan exfoliating setiap satu kali dalam minggu.

2. Mencegah jerawat

Pori-pori yang tersembut menjadi alasan utama timbulnya jerawat. Makeup seharian penuh juga dapat menyebabkan jerawat dan komedo. Untuk itu, ada baiknya membersihkan wajah untuk menghilangkan bekas makeup.

 

3. Melindungi bulu mata

Panduan Memilih Sabun Cuci Wajah yang Tepat (Yuganov Konstantin / shutterstock)
Panduan Memilih Sabun Cuci Wajah yang Tepat (Yuganov Konstantin / shutterstock)

Lapisan maskara yang cukup tebal dan digunakan seharian dapat membuat bulut mata rapuh, kaku, dan mudah patah. Begitu pun dengan penggunaan eyeliner yang mengadung bahan kimia yang berbahaya untuk mata mata jika digunakan terlalu lama.

Maka sebelum matamu terkena iritasi, sebaik mencuci wajah hingga membersihkan mata sebelum tidur.

4.  Melawan penuaan dini

Saat tidur, kulit akan bekerja meremajakan di malam hari. Kulit akan melepaskan sel-sel kulit mati dan memperbaikinya. Itu sebabnya, kulit akan terasa baik setelah 6 atau 8 jam tidur. Tetapi ketika tidak mencuci wajah di malam hari, akan menghambat peremajaan kulit.

5. Menghindari kulit kusam

Kulit kita akan terpaparan kotoran, debu, polusi, hingga asap setelah seharian. Inilah yang membuat kulit rentan terkena masalah seperti kulit kusam. Oleh karennya, pembersihan wajah di malam hari dapat membuat wajah terlihat bersih dan cerah.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓