Intip 10 Asupan Praktis yang Kaya Manfaat untuk Kecantikan Wajah

Fimela Editor11 Feb 2020, 08:30 WIB
[Fimela] Yogurt

Fimela.com, Jakarta Pola makan yang sehat dan bernutrisi membuat metabolisme tubuh bekerja dengan baik. Selain meningkatkan kesehatan usus dan sistem kekebalan tubuh, makanan yang tepat juga dapat bermanfaat untuk kecantikan.

Dari kulit yang bercahaya hingga suasana hati yang lebih baik, makanan sehat dapat membuat penampilan menjadi lebih menawan. Melansir dari thelist.com, tak hanya mudah didapat berikut beberapa makanan sehat yang kaya antioksidan dan bermanfaat untuk kecantikan.

Plain greek yogurt

Selain mengandung protein, plain greek yogurt juga dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama. Ini berarti kamu akan kurang tergoda ketika makanan yang tidak terlalu sehat itu muncul. Yogurt ini juga mengandung asam amino yang dapat memperbaiki kulit bahkan mengurangi munculnya lingkaran hitam di bawah mata.

Tidak hanya itu, plain greek yogurt juga mengandung asam laktat yang secara alami menghilangkan sel kulit mati. Kamu bisa menggunakan yogurt ini sebagai masker wajah. Diamkan selama sepuluh menit lalu bilas.

Stroberi

Untuk memperlambat tanda-tanda penuaan yang tak terhindarkan, kamu bisa coba konsumsi buah ini sebagai camilan. Stroberi kaya akan vitamin C yang sebenarnya bisa mencegah garis-garis halus dan kerutan.

Stroberi bahkan juga dapat memutihkan gigi. Buah kecil berwarna merah ini mengandung minyak alfa hidroksil yang dapat menghilangkan noda pada email gigi. Kamu bisa menumbuk beberapa buah stroberi hingga halus lalu ratakan pada permukaan gigi.

Blueberry

Tambahkan beberapa buah blueberry ke dalam mangkuk saladmu untuk membuat kulit tampak jauh lebih bersinar. Blueberry kaya akan vitamin C dan E. Antioksidan ini bekerja tidak hanya untuk mencerahkan kulit yang tampak lelah tetapi juga menghilangkan kemerahan dan warna kulit yang tidak merata.

Pisang

Jika kamu merasa kekurangan energi, buah ini dapat membantu. Pisang kaya akan vitamin B6, potasium, dan asam folat. Nutrisi ini dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Jadi, tidak hanya akan berpikir cepat tetapi kamu juga akan merasa lebih bahagia.

Pisang juga dapat memberi kamu kulit yang lebih lembut dan halus. Tumbuk satu buah pisang lalu ratakan ke permukaan wajah. Diamkan kurang lebih 15 menit untuk mendapatkan hasil permukaan wajah yang lebih halus.

Wortel

Wortel mengandung cartenoids yang dapat mengurangi sensitivitas kulit terhadap sinar UV. Ini berarti wortel dapat memberikan perlindungan untuk kulitmu. Kamu bisa mencampur wortel mentah dengan hummus atau guacamole untuk camilan sederhana saat bepergian.

Paprika merah

Paprika merah kaya akan antioksidan yang memperbaiki sel-sel kulit, dan dan menambah nutrisi untuk menjaga kecantikan kulit. Kamu bisa campurkan potongan paprika merah ke dalam salad atau telur orak-arik.

 

Menu sehat kaya manfaat untuk kecantikan

brokoli
ilustrasi brokoli/Photo by Reinaldo Kevin on Unsplash

Brokoli

Sayuran hijau yang satu ini sarat dengan vitamin C dan antiokstidan yang dapat meningkatkan sirkulasi darah. Dengan sirkulasi darah yang baik, kamu akan mendapatkan kulit yang bercahaya. Menurut American Journal of Clinical Nutrition, hal ini dapat mencegah penuaan kulit.

Alpukat

Buah yang rasanya sangat lezat ini dapat membantu proses peremajaan kulit. Alpukat mengandung asam lemak oleat yang dapat membantu kulit dalam mempertahankan kelembapan dan melembutkan permukaan kulit.

Lemon

Ada alasan bagus mengapa banyak seleb dunia memulai hari-hari mereka dengan segelas besar air lemon. Lemon bertindak sebagai detoxifier alami dan membantu darah memindahkan kotoran keluar dari tubuh. Selain itu, lemon juga dapat menyegarkan nafas.

Tidak hanya itu, menyikat lemon pada kuku jari akan menghilangkan noda dan membunuh bakteri. Pastikan untuk memijat tangan dan kaki dengan lotion atau minyak zaitun setelahnya agar kulit tetap lembut.

Kayu manis

Kayu manis tidak hanya membuat semua makanan penutup terasa lebih enak tetapi juga bisa membakar lemak sambil menambahkan rasa. Studi menunjukkan bahwa konsumsi kayu manis dapat menurunkan kadar gula dan kolesterol darah. Selain itu, kayu manis juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Kayu manis juga dapat menghilangkan sel kulit mati pada bibir. Caranya, campurkan sedikit parutan kayu manis dengan beberapa tetes madu lalu pijat pelan-pelan pada permukaan bibir untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Pastikan untuk memakai lip balm setelahnya agar bibir tetap lembap.

Itulah beberapa makanan yang bermanfaat untuk kecantikan. Tertarik untuk mencobanya, Sahabat Fimela?

Penulis: Rafinda Eki Puspitasari

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓