Kenali Tanda-Tanda Penuaan pada Rambut

Fimela Editor11 Feb 2020, 12:30 WIB
rambut uban

Fimela.com, Jakarta Ketika berbicara tentang proses penuaan dalam dunia kecantikan, biasanya yang kerap diperhatikan adalah seputar kulit wajah. Entah itu berbicara tentang kerutan hingga beragam produk perawatan kulit anti-aging terkini. Lantas bagaiman dengan area tubuh lainnya seperti rambut?

Proses penuaan pada helaian rambut juga kerap terjadi lambat atau cepat seiring dengan bertambahnya usia. Mirip dengan kulit, rambut juga mengalami perubahan secara bertahap. Dilansir dari thelist.com, berikut tanda-tanda yang akan terjadi pada rambut seiring dengan pertambahan usia dan terjadinya proses penuaan.

Perubahan warna

Mari kita mulai dengan perubahan warna rambut yang menjadi abu-abu. Ada beberapa alasan mengapa ini bisa terjadi. Kemungkinan besarnya adalah genetik. Beberapa alasan lain rambut berubah menjadi abu-abu adalah karena faktor stres, pola makan yang tidak sehat, gaya hidup ekstrem, kurang tidur, dan penyakit serius.

Rambut menjadi abu-abu karena kurangnya produksi melanin setelah usia tertentu. "Ketika beruban, kita memiliki rambut tanpa warna," jelas David Adams dari Aveda Master Artist dan pemilik Fourteenjay.

"Sangat penting untuk menggunakan sampo anti-aging, kondisioner, dan produk pendukung yang akan membantu menjaga rambut tetap sehat dan ternutrisi. Carilah produk perawatan yang mengandung asam lemak omega dan formula warna yang aman," jelas Rita Perna-Allor direktur artistik Alterna.

Rambut menipis

Perubahan lain yang lebih umum terjadi adalah rambut menjadi lebih tipis. Ada beberapa alasan yang menyebabkan hal ini terjadi. Menurut pakar sains rambut Dr. Alan Bauman, pertama, kepadatan rambut berkurang. Kedua, rambut tumbuh lebih halus dan tipis. Selain itu, rambut juga akan lebih cepat rontok.

Rambut lebih mudah rusak

Kehilangan protein tidak hanya terlihat pada warna rambut tetapi juga mempengaruhi kekuatannya. "Penurunan pada tingkat protein keratin membuat rambut lebih lemah dan kurang elastis," jelas Perna-Allor. Dia juga menjelaskan bahwa sel-sel pada kutikula pelindung luar yang menjadi lebih rapuh seiring bertambahnya usia, membuat kerusakan tampaknya tak terhindarkan. Perna-Allor merekomendasikan produk perbaikan berbasis perawatan seperti Alterna Caviar Multi Vitamin Heat Protectant Spray yang dapat meningkatkan kekebalan rambut terhadap kerusakan.

Rambut tumbuh lebih lambat

"Tingkat pertumbuhan rambut melambat di pertengahan kehidupan dan menghabiskan lebih banyak waktu di fase istirahat daripada di fase pertumbuhan, ini berarti tidak akan tumbuh secepat dulu," jelas Perna-Allor. Jadi, untuk menjaga kulit kepala tetap sehat dan membantu mendorong pertumbuhan rambut, gunakan perawatan kulit kepala seperti Aveda Pramāsana Scalp Treatment atau Alterna Caviar Lengthening Hair dan Scalp Elixir.

 

Rambut menjadi semakin kering

Ilustrasi rambut
Ilustrasi rambut. Sumber foto: unsplash.com/Tim Mossholder.

"Seiring waktu, rambutmu bisa terlihat lebih kering dan tidak bernyawa," ujar Founder + Head Scientist, Lars Skjoth. Dia juga mencatat bahwa penggunaan alat panas, seperti hair dryer dapat membuat rambut mengering.

"Panas yang berlebihan dapat mempengaruhi kulit kepala dan kelenjar minyak. Kulit kepala bisa menjadi kering dan teriritasi karena panas yang berlebihan dan kelenjar minyak mungkin memproduksi berlebihan untuk melindungi kulit kepala," jelasnya. Menurut Dr. Bauman, reaksi serupa dapat terjadi ketika kamu mencuci rambut secara berlebihan.

Nah, itu dia beberapa perubahan yang akan terjadi pada rambut saat proses penuaan berlangsung. Semoga bermanfaat, Sahabat Fimela.

Penulis: Rafinda Eki Puspitasari

Lanjutkan Membaca ↓