Hati-Hati, Jangan Lakukan Ini dalam Perawatan Rambut

Fimela Editor15 Feb 2020, 12:00 WIB
Dampak buruk sinar UV matahari terhadap rambut

Fimela.com, Jakarta Rambut yang sehat dapat meningkatkan kepercayaan diri, namun apabila tidak diberikan perawatan ekstra rambut akan rusak dan terlihat tidak prima. Rambut yang diwarnai dan seringnya terkena suhu panas dari hairdryer menjadi salah satu pemicu utama kondisi helaian rambut menjadi lebih murah rapuh.

Dilansir dari realsimple.com, ada beberapa kebiasaan buruk lainnya yang tanpa sadar kerap dilakukan dan dapat membuat rambut rusak. Dua penata rambut asal New York City, Eliut Rivera dari Eliut Salon dan Siobhan Quilan dari Art + Autonomy Salon, berbagi penjelasan tentang serba serbi kesalahan dalam merawat rambut.

Mengikat rambut terus-menerus

"Sering mengikat rambutmu terlalu ketat tentu akan menyebabkan kerusakan, terutama jika rambut pernah diwarnai," ujar Rivera. Terlalu banyak tarikan yang kencang dapat merusak rambut yang akan menyebabkan rambut rontok secara bertahap atau disebut traction alopecia. Lama kelamaan, kerontokan rambut bisa menjadi permanen.

Tidak rutin perawatan

Quinlan mengatakan, berilah masker pada helaian rambut sama seperti yang dilakukan pada wajah.  Cukup memakai masker rambut dua minggu sekali untuk menutrisi helaian rambut dengan maksimal.

Menyisir rambut dalam keadaan basah

Ternyata kondisi rambut paling rapuh saat basah. Jangan pernah menyisir rambut setelah mandi atau dalam keadaan basah karena ini dapat membuat rambutmu rusak dan patah sehingga menjadi rontok.

Quinlan merekomendasikan untuk menyisirnya sebelum mandi, ketika rambut masih kering. Lalu ketika basah, gunakan sisir gigi dengan rongga yang lebar atau sisir yang dirancang khusus untuk menangani rambut yang basah.

 

Menggunakan sampo yang sama berulang-ulang

 

Menggunakan sampo yang sama berulang kali dapat membuat rambut menjadi kusam dan tak bernyawa. Menurut Rivera, untuk kunci rambut yang mengkilap, gantilah sampo secara rutin. Selain itu, menggunakan berbagai jenis sampo juga akan membantu rambut menjadi mudah diatur.

"Ada baiknya memiliki beberapa sampo yang berbeda dengan tujuan yang berbeda pula. Seperti, sampo untuk melembapkan, sampo anti ketombe, sampo untuk rambut rontok, sampo yang aman untuk rambut yang diwarnai, dan sampo untuk meningkatkan volume. Pakailah secara bergantian sesuai dengan kebutuhan," jelas Rivera.

 

Penulis: Rafinda Eki Puspitasari.

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓