5 Langkah Mendapatkan Kulit Lebih Halus dari Dermatologis

Fimela Editor18 Feb 2020, 09:30 WIB
Perawatan Kulit

Fimela.com, Jakarta Setiap perempuan pasti menginginkan kulit halus yang sehat dan lembut. Sayangnya banyak yang mengambil jalan pintas dengan cara instan untuk pengelupasan kimia di sana-sini. Melansir dari self.com para ahli menjelaskan tentang cara terbaik untuk menghaluskan kulit di setiap rutinitas perawatan kulitmu.

Sara Hogan, M.D., dokter kulit di UCLA Medical Center, Santa Monica mengatakan penting untuk mengetahui penyebab kulit kasar. "Apakah usia, kecenderungan genetik, kerusakan akibat sinar matahari, rutinitas perawatan kulit yang buruk, dan cuaca dingin atau panas."

Ada juga beberapa kondisi kulit yang dapat menyebabkan kulit kering, termasuk eksim (yang menyebabkan bercak-bercak kering, kulit gatal), psoriasis (yang menyebabkan penumpukan plak tebal pada kulit), dan keratosis pilaris (yang menyebabkan benjolan kecil, sering pada lengan atau paha).  Jadi, jika kamu mengalami gejala lain seperti gatal, atau kemerahan pada kulit kering, penting untuk memeriksakan diri ke dokter kulit untuk memastikan kamu mengetahui penyebabnya.

5 langkah membuat kulit halus dari dua dokter kulit yang bisa kamu lakukan di rumah:

 

 

1. Lakukan rutinitas pembersihan yang konsisten

Langkah pertama adalah mencari tahu rutinitas perawatan kulit sederhana yang dapat kamu lakukan secara konsisten, kata Dr. Hogan. “Secara umum, rutinitas perawatan kulit di rumah yang konsisten dan komprehensif adalah kunci untuk kulit yang lebih halus.”

Sebagai permulaan, perawatan ini harus mencakup pembersih untuk "menghilangkan keringat, kotoran, akumulasi sel kulit mati, dan kosmetik," jelas Dr. Hogan. 

Pembersih yang tepat untuk kamu tergantung pada jenis kulit dan masalah kulit.  Jika kamu memiliki kulit kering atau sensitif, misalnya, akan lebih baik jika menemukan krim pelembap atau pembersih minyak. Jika kamu memiliki kulit berminyak, mungkin kamu lebih menyukai gel atau pembersih berbusa.

 

 

2. Gunakan produk pengelupasan lainnya secara teratur

Setelah membersihkan, kamu dapat menggunakan produk khusus pengelupasan kulit untuk menghilangkan kotoran, sel kulit mati, dan minyak dari kulit.  Ada beberapa cara berbeda untuk melakukannya.

Pertama, pengelupasan fisik, ini adalah bentuk perawatan seperti scrub atau kuas yang menghilangkan kotoran .  Kedua, pengelupasan kimia dengan bahan-bahan kimia yang bekerja dan melarutkan ikatan antara sel-sel kulit sehingga kotoran mudah dihilangkan.

Dokter kulit cenderung lebih menyukai pengelupasan kimia karena umumnya lebih dapat diandalkan ketimbang menggunakan pengelupasan mekanik seperti scrub dan masker.

 

 

3. Coba gunakan retinoid topikal untuk meningkatkan pergantian sel kulit

Sel-sel kulit kamu tersusun berlapis-lapis, dengan yang termuda di bagian bawah dan tertua di atas. Saat melakukan eksfoliasi, kamu mengeluarkan sel-sel kulit di bagian paling atas dan memperlihatkan kulit yang lebih muda, lebih halus, dan lebih berkilau.

Retinoid, yang mencakup retinol dan adapalene yang dijual bebas (Differin) serta resep tretinoin (Retin-A) memacu proses pergantian sel kulit dari bawah. Ini semua adalah turunan dari vitamin A, sesuatu yang kulit gunakan secara alami dan berfungsi dengan baik.

"Ini mengandung kombinasi pemenang asam alfa hidroksi dan retinoid yang mempromosikan pergantian sel kulit, serta bentuk vitamin C yang larut dalam lemak yang melembapkan dan mencerahkan," jelas Dr. Hogan.

 

 

4. Pilih pelembab yang efektif untuk kulitmu

Ketika kulit kering akan terasa kasar atau bahkan bersisik, jadi pelembap adalah kunci utamanya. Akan menjadi lebih efektif jika kamu menggunakan pelembap dengan kombinasi yang tepat dari bahan-bahan pelembap (seperti asam hialuronat atau gliserin) serta bahan-bahan oklusif untuk menutup hidrasi itu.

Hogan juga merekomendasikan untuk mencoba pelembap dengan ceramide, yang secara alami ada di kulit.  Ini dapat membantu menutup penghalang kulit, membuat air sulit keluar dan menjaga kelembapan kulit lebih lama.

 

5. Selalu gunakan tabir surya di siang hari

Untuk melindungi kulit dan membuat warna dan tekstur lebih merata dalam jangka panjang, Dr. Hogan merekomendasikan semua orang untuk menggunakan tabir surya setiap hari.

Kamu harus mencari tabir surya atau pelembab dengan SPF yang memiliki setidaknya 30 dan perlindungan spektrum luas, yang berarti melindungi terhadap sinar UVA dan UVB. Jika kamu memiliki kulit berminyak atau rawan jerawat, pastikan untuk memilih salah satu yang tidak akan menyumbat pori-pori.  Tapi yang terpenting adalah menemukan yang kamu sukai untuk dipakai setiap hari.

(Iffah Nurahmah)

#ChangeMaker 

Lanjutkan Membaca ↓