Cara Efektif Samarkan Noda Hitam pada Kulit Wajah, Agar Kecantikan Tetap Terjaga

Fimela Editor24 Feb 2020, 17:30 WIB
tips perawatan kecantikan

Fimela.com, Jakarta Saat aktivitas padat di luar ruangan dan membuat kamu lebih banyak terpapar oleh sinar matahari, kulit wajah pun butuh perawatan ekstra. Jika tidak diberikan perlindungan dan perawatan ekstra, salah satu permasalahan utama banyak perempuan khususnya di Indonesia, yaitu hiperpigmentasi  akan datang tak terhindarkan.

Lalu apa yang menyebabkan terjadinya pigmentasi? Hiperpigmentasi dapat dipicu oleh beberapa hal, misalnya kerusakan sel kulit akibat paparan sinar matahari, bekas jerawat, atau hanya bagian dari proses penuaan.

Singkatnya, hiperpigmentasi ini mengacu pada pigmen melanin berlebih yang muncul sebagai noda hitam atau flek pada kulit. Melansir dari realsimple.com berikut ini adalah hal-hal yang harus kamu ketahui tentang mengatasi masalah pigmentasi dalam berbagai warna kulit wajah.

Untuk kulit wajah terang atau sedang

Menurut Seemal Desai, MD, FAAD, seorang dokter kulit bersertifikat dan mantan presiden direktur Skin of Color Society di Plano, Texas, orang-orang dengan warna kulit yang lebih terang memiliki lebih banyak pilihan untuk menghilangkan noda hitam ketimbang warna kulit yang lebih gelap.

Jika kamu memilih untuk merawat black spot secara natural, kamu bisa menggunakan antioksidan nabati dengan manfaat anti-inflamasi seperti ekstrak teh hijau, resveratrol, asam ferulic, dan vitamin C. Bahan-bahan ini memiliki sifat pencerah kulit yang kuat yang dapat mencegah kerusakan UVA di masa depan. Sementara, bahan yang lebih agresif seperti retinol juga bermanfaat untuk merawat pigmentasi. Agar terhindar dari masalah kulit yang lebih parah cobalah produk yang diformulasikan untuk kulit sensitif dengan konsentrasi retinol yang lebih rendah.

Untuk kulit wajah gelap

Perawatan profesional seperti laser sebenarnya dapat membuat perubahan warna kulit atau area sekitar noda hitam menjadi lebih gelap, kata Dr. Desai. Desai merekomendasikan concealer atau korektor lain yang mengandung bahan-bahan non-hidrokuinon, seperti cysteamine, vitamin C, dan asam azelaic. Ini dapat membantu mengurangi munculnya perubahan warna kulit yang membandel pada warna kulit yang lebih gelap. Ia juga merekomendasikan penggabungan bahan-bahan cosmeceutical dengan tabir surya. Selain itu, suntikan vitamin yang berfungsi untuk memberikan solusi aktif langsung ke aliran darah dan mengatasi pigmentasi dari dalam ke luar, juga bisa menjadi solusi.

 

Untuk semua warna kulit

[Fimela] Ilustrasi perawatan wajah
Ilustrasi perawatan kulit wajah | unsplash.com/@branislavisko

Penting untuk dipahami bahwa hiperpigmentasi adalah kondisi yang rentan terjadi, dan tidak semua warna dan jenis kulit akan merespons bentuk perawatan yang sama untuk noda hitam. Menurut Dr.Desai kuncinya ada pada tabir surya.

"Tidak peduli perawatan seperti apa atau warna kulit yang bagaimana, penting bagi semua orang untuk menggunakan tabir surya setiap hari."

Secara umum, semakin lama pigmentasi hadir pada kulit, semakin sulit untuk menyamarkannya. Ketika tanda-tandanya sudah mulai muncul, artinya kamu harus segera memberinya perawatan terbaik.

Penulis: Iffah

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓