Fakta Mengejutkan mengenai Alasan Timbulnya Jerawat

Fimela Editor26 Feb 2020, 10:00 WIB
Jerawat

Fimela.com, Jakarta Jerawat adalah masalah kulit yang paling umum. Jerawat mempengaruhi sekitar 80 persen dari populasi manusia antara usia 11-30. Toko kosmetik dipenuhi dengan produk-produk yang menjanjikan kulit jernih tetapi langkah pertama dalam mengalahkan jerawat adalah memahami apa yang menjadi penyebabnya.

Ada banyak teori dan kisah tentang apa yang menyebabkan jerawat, seperti makan terlalu banyak cokelat atau tidak membersihkan muka dengan benar. Dilansir dari thelist.com, berikut dokter dan spesialis perawatan kulit yang memberi tahu tentang beberapa hal mengejutkan yang menyebabkan jerawat dan bagaimana cara menghilangkannya.

Usus yang bocor

Pakar kesehatan dan kebugaran, Dr. Will Cole, menjelaskan bahwa ketika triliunan bakteri dalam usus tidak seimbang, lapisan usus akan melemah. Lapisan yang melemah itu juga dikenal sebagai “sindrom usus bocor" dan hal ini terkait dengan hampir setiap masalah kesehatan radang, termasuk jerawat.

Cole mengatakan, dokter dapat melakukan pemeriksaan darah untuk menentukan seberapa bocornya usus yang akan membantu mereka memutuskan tindakan apa yang harus diambil selanjutnya. Oleh karena itu, usus yang sehat akan menghasilkan wajah yang sehat. 

 

Penyebab jerawat

Jerawat
Ilustrasi jerawat/copyright shutterstock

Toksin lalu lintas

Cole berkata metilasi adalah jalan biokimiawi tubuh yang membantu membuang semua racun yang mengganggu kesehatanmu. Ketika jalan raya macet, tubuh berpegang pada racun dan bisa muncul jerawat pada wajah. Makanan yang kaya folat dan vitamin B seperti kubis, jamur, kembang kol, dan sayuran berdaun hijau adalah kunci untuk detoksifikasi yang sehat.

Rambut

Dr. Sonam Yadav, seorang ahli dermatologi kosmetik dan pendiri Juverne mengatakan bahwa rambut yang berketombe dan poni yang panjang dapat juga menjadi alasan timbulnya jerawat. Hal ini dikarenakan oleh menumpuknya produk penataan rambut yang masuk ke dalam kulit dan menyumbat pori-pori. Maka dari itu, kamu harus menjaga kulit kepala agar tetap bersih dan menghindari gel rambut tebal jika memiliki masalah dengan jerawat.

Ponsel

Ponsel tentunya penuh dengan bakteri dan itu adalah perangkat yang menghabiskan waktu paling banyak menempel di wajahmu. Yadav merekomendasikan untuk membersihkan ponsel dengan lap antibakteri setiap hari untuk menghindari penyebaran bakteri ke kulit kamu.

Bantal yang digunakan

Yadav mengatakan, satu tempat yang tidak orang sadari terdapat banyak bakteri adalah tempat tidur mereka sendiri. Kamu menghabiskan sebagian besar hidup dengan pipi yang menempel pada bantal. Wajar saja bahwa semua bakteri itu ada padamu. Maka dari itu, kamu harus sering mengganti sarung bantal dan mencuci bantalnya.

Penggunaan obat-obatan

Steroid dan suplemen adalah penyebab timbulnya jerawat besar di wajah. Obat-obatan lain seperti obat anti-kejang, obat-obatan psikiatris, dan obat-obatan untuk mengobati TBC juga dapat menyebabkan jerawat. Kamu tidak boleh berhenti minum obat tanpa terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter. Jika jerawat menjadi masalah, jangan ragu untuk bertanya mengenai pilihanmu.

Penulis: Rafinda

Lanjutkan Membaca ↓