Sukses

Beauty

Cegah Terjadinya Kerusakan pada Rambut dengan 5 Hal Ini

Fimela.com, Jakarta Semua orang tentu mendambakan rambut dengan tekstur lembut, sehat, dan berkilau. Tentu saja untung mewujudkan hal ini, diperlukan perawatan ekstra. Tak hanya itu, tanpa perawatan ekstra lama-kelamaan kondisi rambut tidak dapat terlihat prima.

Menurut Michelle Blaisure, seorang ahli trikologi spesialis rambut dan kulit kepala di Bosley Professional Strength, Secara teknis, kamu dapat membentengi dan melindungi lapisan kutikula rambut dengan perawatan yang tepat. Melansir dari shape.com, berikut beberapa cara untuk mencegah terjadinya kerusakan rambut.

1. Jaga kebersihan kulit kepala 

"Ada banyak mikrobioma bakteri di kulit kepala yang perlu dibersihkan secara teratur. Jika tidak,  penumpukan kotoran dan bakteri dapat berdampak buruk bagi pertumbuhan rambut," jelas Blaisure.

Ketika kamu membersihkan rambut dua kali seminggu (tergantung pada tekstur rambut) gunakan sampo yang ringan seperti Redken Extreme Shampoo. Untuk rambut yang diwarnai gunakan sampo khusus seperti Bumble and Bumble Gentle Shampoo.

2. Bersikap lembut dengan helaian rambutmu

Semakin lembut rambutmu maka akan semakin kuat. Berhati-hatilah saat rambut sedang basah dan dalam kondisi rapuh. Misalnya, memeras rambut yang baru dicuci dengan lembut dan tidak menggosoknya dengan handuk. Saat mengeringkan rambut, berhati-hatilah untuk tidak menarik rambut terlalu kencang dengan sisir.

3. Ganti gaya rambut

Mengenakan rambut dengan gaya yang sama setiap hari sebenarnya dapat membahayakan rambut. Blaisure mengatakan bahwa memisahkan rambut dengan cara tertentu atau mengikatnya dengan karet gelang berulang kali dan terlalu lama dapat menyebabkan kerusakan. Tidak terkecuali rambut yang diekstensi. Menekan helai yang sama berulang-ulang dapat melemahkan folikel rambut dan menyebabkan kerontokan rambut.

4. Gunakan kondisioner secara rutin

Menggunakan kondisioner akan membantu memperkuat rambut dari luar, melapisi, dan mencegahnya dari kerusakan. Investasikan kondisioner perawatan rambut yang mengandung ekstrak beras dan protein, seperti Nexxus Keraphix Damage Healing Hair Reconstructing Treatment yang membantu memperkuat dan memperbaiki batang rambut. Pastikan untuk melindungi ujung rambutmu dengan serum atau semprotan berbahan dasar minyak yang ringan.

 

5. Lindungi rambut dari suhu panas

Jika kamu sering menghabiskan banyak waktu di luar rumah, penting untuk menjaga rambutmu dengan perlindungan termal sebelumnya. Gunakan primer pelindung UVA dan UVB dalam kondisi rambut yang lembap sebelum dikeringkan dan ratakan sampai ujung rambut. Jika kamu ingin menggunakan alat pelurus atau pengeriting rambut berusuhu panas, semprotkan pelindung rambut terlebih dahulu, seperti Kenra Platinum Luxe One Leave-In pada rambut dalam keadaan kering sebelum ditata.

Penulis: Rafinda

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading