Ini yang Terjadi jika Terlalu Sering Mencukur Alis

Fimela Editor02 Mar 2020, 10:30 WIB
Ilustrasi alis

Fimela.com, Jakarta Untuk mempercantik bentuk alis, beberapa orang sangat rajin untuk mencukur bulu alis agar lebih terlihat rapi. Tapi mencukur alis ternyata ada masanya sendiri. Jika kamu merasa alis harus dicukur setiap satu minggu sekali atau bahkan satu minggu dua kali, karena pertumbuhannya yang relatif cepat, hal utama yang harus diperhatikan adalah pastikan apakah kamu lebih suka bentuk alis yang tipis atau tebal. Ketahui juga seberapa sering kamu harus mencukur alis sesuai bentuk alis yang  diinginkan, lalu lihat apa yang terjadi jika kamu terlalu sering mencukur alis.

Melansir dari thelist.com pakar alis Jimena Garcia menyarankan untuk tidak mencukur alis sebelum alis tumbuh penuh. "Alis tumbuh dalam siklus rambut. Biasanya mereka akan mulai tumbuh antara 4 dan 8 minggu sampai mereka mulai tumbuh penuh. Biarkan alis sepenuhnya tumbuh, setelah itu kamu bisa membersihkannya. Ini adalah kunci agar setiap untai tidak berakhir dalam siklus yang berbeda," jelas Jimena kepada Well + Good.

Pada akhirnya, kamu baru akan mencukur alis setiap tiga hingga empat minggu. Master alis Stevi Christine juga setuju akan hal itu, seperti di kutip dari Allure ia menjelaskan ketika alis terlihat terlalu tipis, bentuknya tidak akan terlihat prima sama sekali. Artinya kamu perlu istirahat dan membiarkan alis untuk tumbuh sepenuhnya. Alis harus melengkapi bentuk wajah, tidak menonjol, dan proporsional. Penting untuk menyadari hal ini dan tidak terlalu banyak mencukurnya.

 

Pro kontra mencukur bulu alis

Jangan terlalu tebal, alis natural pun lebih manis dilihat
Ilustrasi bentuk alis natural. (unsplash.com/Matthew Kane).

Bukan menjadi satu-satunya alasan untuk mempertimbangkan seberapa sering kamu mencukur alis, Kata Matt Shakik, spesialis alis senior di Spruce & Bond. Ia bahkan percaya bahwa sebaiknya kamu tidak perlu mencukur alis sama sekali.

"Bagi sebagian orang, mencukur bulu alis terlalu sering adalah cara tercepat untuk membuat mata terlihat lebih tua. Bukankah tidak ada yang ingin mempercepat proses penuaan?," jelasnya. Mengingat area mata sangat halus, Shakik percaya mencukur dapat menyebabkan kerusakan pada pori-pori kulit. Sebagai gantinya, pertimbangkan untuk memilih tweezing alis, tetapi kamu harus berhati-hati untuk tidak melakukannya secara berlebihan.

Penulis: Iffah

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓