Merawat Wajah dengan Pelembap yang Tepat agar Kulit Sehat Bercahaya

Fimela Editor06 Mar 2020, 14:00 WIB
Kecantikan

Fimela.com, Jakarta Membersihkan wajah dan memakai tabir surya secara teratur serta menggunakan pelembap wajah adalah salah satu langkah paling penting dari rutinitas perawatan kulit apa pun. Tetapi para ahli kulit mengatakan terlalu banyak orang yang melewatkan bagian penting dari proses perawatan kulit, salah satunya dengan menjaga kelembapan kulit.

Melembapkan kulit adalah cara terbaik agar kulit tetap sehat dan terhidrasi. Semua orang bisa mendapat manfaat dari melembapkan bahkan jika kamu memiliki kulit berminyak sekalipun. Kulit yang berminyak atau berjerawat tidak seharusnya melewatkan pelembap karena dapat memperburuk masalah kulit.

Lalu, bagaimana sebenarnya cara yang tepat untuk melembapkan wajah? Lihatlah cara-cara mudah ini untuk memastikan kamu melembapkan wajah dengan baik, dilansir dari self.com

1.Lakukan test patch sebelum menggunakan pelembap baru

Sama seperti kamu ingin membeli lipstik atau eye shadow, sebelum membeli atau mengaplikasikannya pada wajah, kamu pasti melakukan uji tempel terlebih dahulu. Hal ini juga bisa dilakukan untuk produk perawatan kulit, seperti pelembap. Selain memastikan kamu menyukai aroma serta teksturnya, sekaligus membantu kamu memastikan pelembab tidak menyebabkan pori-pori tersumbat, menimbulkan reaksi alergi, atau jerawat. 

Cara melembapkan wajah dengan tepat

Cantik
Ilustrasi tren kecantikan/copyright shutterstock

2. Gunakan pelembap yang tepat untuk jenis kulit kamu

Pelembap yang baik harus mengandung kombinasi bahan pelembap (humektan) yang akan menarik air ke dalam kulit dan bahan-bahan yang lebih oklusif untuk menutup hidrasi itu masuk. Tapi, semuanya tergantung pada jenis kulit kamu. Jika kamu memiliki kulit kering, misalnya, kamu mungkin ingin menggunakan pelembap dengan bahan-bahan seperti asam hialuronat, yang merupakan humektan yang kuat, bersama dengan ceramide.

3. Oleskan pelembap untuk membersihkan kulit

Pelembap paling efektif digunakan jika kamu menggunakannya saat kulit masih lembap karena kulit lembap menyerap produk lebih mudah. Itu juga memberi pelembap kesempatan untuk mengunci hidrasi itu.

4. Lapisi pelembap dengan urutan yang benar

Urutan di mana kamu menggunakan produk perawatan kulit dapat memiliki efek pada seberapa baik mereka bekerja. Rutinitas perawatan terbaik biasanya dimulai dari mencuci wajah, menggunakan pelembap dengan tabir surya. Jika kamu menggunakan beberapa perawatan seperti serum, lapisi kulit dari yang produk paling tipis ke yang paling tebal. Dengan melapisi produk dalam urutan ini, yang lebih tebal tidak akan mencegah yang lebih tipis masuk ke kulit kamu.

6. Coba gunakan pelembap dengan SPF di pagi hari

Kita tidak bisa cukup menekankan pentingnya memakai tabir surya sehari-hari, bahkan ketika cuaca sedang mendung atau hujan sekalipun. Itu sebabnya garis pertahanan terbaik adalah menerapkan tabir surya setiap pagi. Meskipun kamu bisa menggunakan tabir surya terpisah setelah pelembap, pelembab wajah dengan setidaknya 30 SPF juga akan sangat membantu.

Penulis: Iffah Nurahmah

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓