Sukses

Beauty

3 Alasan Kulit Mengelupas dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Kulit mengelupas terutama bagian wajah pasti membuat tidak nyaman. Namun sebenarnya apa yang menyebabkan kulit mengelupas dan perawatan seperti apa yang harus dilakukan?

"Saat lapisan atas kulit mengelupas biasanya disebabkan beberapa jenis peradangan di bawah kulit,” ujar dokter kulit di Tufts Medical Center. Isha Tiernan, MD melansir dari Self.com.

Nah, ternyata ada berbagai kondisi yang berpotensi menyebabkan kulit mengelupas di wajah dan tubuh. Inilah yang perlu kamu ketahui tentang beberapa penyebab paling umum dari pengelupasan dan cara merawatnya.

 

 

1. Kulit terbakar

Biasanya sengatan matahari akan menyebabkan kulit terbakar. Khususnya bagi kita yang baru saja berlibur dari pantai, kulit pasti akan berubah warna menjadi merah.

Terkadang, saat kondisi lebih parah, kulit juga akan terasa panas saat disentuh.

Untuk menyembuhkannya, kita dapat mengompres menggunakan air dingin, menggunakan pelindung kulit yang lembut seperti lidah buaya yang menenangkan.

Tetapi jika kulit terbakar lebih parah, artinya warnanya akan lebih merah dan jauh lebih menyakitkan. Dalam kasus ini, kulit kamu mungkin akan melepuh yang bisa diatasi dengan memakai pereda nyeri anti-inflamasi, seperti ibuprofen, dalam waktu 24 jam setelah terbakar.

 

 

 

2. Kulit kering

Beberapa orang memiliki jenis kulit yang cenderung kering secara alami. Tetapi kenyataannya adalah kulit kering dapat terjadi pada siapa pun.

Selain faktor bawaan, hal lain yang dapat menyebabkan kulit kering adalah kurangnya kelembapan yang mengakibatkan Kulit kering, gatal, retak dan akhirnya mengelupas.

Dr. Tiernan merekomendasikan penggunaan pelembap berbahan dasar krim kental di mana bagian kulit kering seperti tangan atau wajah. Dan mengulangnya kembali saat bagian tersebut terkena air.

Jika tidak, kamu akan menghilangkan minyak alami pada tangan yang menyebabkan iritasi dan peradangan. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan pelembap udara, mandi dengan air hangat dan gunakan pembersih ringan untuk menjaga kulit kering.

3. Eksim

 

Ketika kulit mengelupas, terasa gatal, sangat kering, merah, dan meradang, bisa saja itu disebabkan oleh eksim. Suatu kondisi di mana penghalang kulit tidak cukup melindungi terhadap bakteri dan iritasi. Tetapi eksim biasanya memiliki pemicu spesifik seperti alergen dan kemungkinan akan membutuhkan perawatan lebih lanjut.

Seperti halnya kulit kering, pelembab adalah langkah preventif yang sangat penting ketika menderita eksim. Ada baiknya juga konsultasikan pada dokter kulit terlebih dahulu.

(Zhafira Majdina)

Simak Video Menarik di bawah Ini

#ChangeMaker 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading