Ini yang Terjadi Ketika Kamu Menggunakan Bedak Setiap Hari

Fimela Editor10 Mar 2020, 08:30 WIB
[Fimela] ilustrasi bedak tabur

Fimela.com, Jakarta Salah satu produk kecantikan yang banyak digunakan semua perempuan adalah bedak. Bedak dapat memberikan tampilan yang alami dan juga memiliki manfaat menyerap kelebihan minyak pada kulit. Bedak wajah juga dapat tahan terhadap keringat. Bahkan, beberapa perempuan lebih suka menggunakan bedak berwarna tanpa menggunakan alas bedak sama sekali. Walaupun terkadang bedak tidak menutupi kekurangan yang ada pada kulit wajah kamu, namun tetap saja dibutuhkan banyak perempuan. 

Sayangnya, terdapat dampak yang akan timbul jika kamu menggunakan bedak setiap hari. Dokter kulit Dr. Shefali Trasi-Nerurkar mengatakan bahwa bedak wajah dapat mengeringkan kulit, karena mungkin menyerap terlalu banyak minyak alami kulit. Hal ini juga dapat menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga munculah jerawat.

Bedak wajah sering mengandung beberapa bahan yang ternyata sangat berbahaya jika terhirup secara tidak sengaja. Paparan inhalasi dapat menyebabkan gejala-gejala termasuk kesulitan bernapas, rasa terbakar di tenggorokan, batuk, dan iritasi mata. Bedak wajah juga bisa berbahaya jika kamu secara tidak sengaja menelannya. Hal ini dikarena dapat menyebabkan sakit perut, muntah, dan diare.

Cara menghindari paparan inhalasi dari bedak tabur

[Fimela] bedak tabur
ilustrasi bedak tabur | unsplash.com/@polarmermaid

Disarankan, untuk kamu yang tidak sengaja menghirup serpihan bedak tabur, ada baiknya kamu langsung pindah ke tempat yang udaranya tidak terkontaminasi serpihan bedak. Kalau saja kamu tidak sengaja menelannya, kamu juga dapat langsung meminum susu untuk menetralkannya di dalam tubuh kamu. Dalam kondisi yang lebih bahaya, ada baiknya langsung dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan penanganan oleh dokter.

Kalau kamu menggunakannya dengan hati-hati seharusnya bedak tidak berbahaya. Tetapi, menggunakan kosmetik jenis apa pun setiap hari mungkin bukan hal baik yang kamu lakukan untuk kulit. Tentu kondisi kulit akan sangat sehat jika dibebaskan dari penggunaan kosmetik yang terlalu sering.

#ChangeMaker

Penulis: Zhafira Majdina

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓