Sering Mendengar Tentang Kolagen? Pahami Lebih Jauh di Sini

Fimela Editor07 Apr 2020, 08:30 WIB
Kecantikan

Fimela.com, Jakarta Selalu ada saja tren kecantikan baru, dengan bahan-bahan yang berbeda yang tiba-tiba muncul di setiap suplemen atau krim yang dijual di pasaran. Dari semua jenis perawatan kulit, yang selalu menyita perhatian adalah kolagen. Bagaimana tidak, serangkaian produk kolagen menjanjikan kulit tampak lebih muda, lebih sehat, memiliki kemampuan menyembuhkan lebih cepat, dan masih banyak lagi.

Sebelum kamu memilih untuk memasukan kolagen dalam daftar produk perawatan kulit kamu, ketahui dulu apa itu kolagen juga manfaat yang sebenarnya, seperti dilansir dari Real Simple berikut ini.

Selain merawat kulit, kolagen juga menyehatkan tubuh

Pertimbangkan kolagen sebagai fondasi bangunan utama bagi kulit kamu. "Kolagen adalah protein yang ditemukan di dalam tubuh kita, di kulit, sendi, tendon, ligamen, tulang, dan jaringan ikat," kata Erika Schwartz, MD, ahli penyakit dalam di New York

Dari sudut pandang kecantikan, kolagen mampu membantu menjaga kulit tampak muda. "Sementara kolagen juga sangat penting untuk kesehatan kita, padahal biasanya kita berpikir bahwa kolagen selalu yang berkaitan dengan kulit kita, utamanya jika usia telah menjadi faktor utama perubahan-perubahan pada kulit" katanya. "Salah satu tanda pertama penuaan wajah adalah hilangnya volume dan ini disebabkan oleh penurunan produksi kolagen."

Para ilmuwan telah mempelajari manfaat peptida kolagen untuk semuanya, mulai dari diabetes tipe 2 hingga radang sendi, dengan beberapa hasil yang menjanjikan. "Mengambil peptida kolagen oral dapat memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan sendi dan tulang," kata Dr. Schwartz. 

Cara terbaik memberi asupan kolagen bagi tubuh

Ilustrasi kecantikan
Ilustrasi kecantikan. Sumber foto: pexels.com/Shiny Diamond.

Sejauh ini manfaat kolagen lebih banyak untuk kulit yang menua. Beberapa penelitian kecil telah diterbitkan yang menunjukkan peningkatan elastisitas pada suplemen atau krim kolagen. "Kolagen dan elastin sama-sama penting dalam menjaga kulit awet muda dan umumnya dikendalikan oleh genetika," kata Lindsey Bordone, MD, seorang dokter kulit di Pusat Medis Universitas Irving di New York City. "Mengonsumsi kolagen secara lisan tidak terbukti menyebabkan peningkatan pada penampilan kulit." artinya suplemen kolagen tidak memberikan manfaat kolagen yang sebenarnya. “Kebanyakan suplemen kolagen dicerna dalam saluran usus atau lambung dan mereka bahkan tidak sampai ke area tubuh di mana produksi kolagen terjadi, membuat mereka tidak berguna,” kata Dr. Schwartz. "Mereka hanya menyediakan protein bagi tubuh kita sebagai produk sampingan nutrisi."

Schwartz mengatakan perawatan kolagen topikal mungkin menjadi solusi yang lebih baik untuk membantu meningkatkan penuaan kulit. "Krim yang digunakan dalam estetika mungkin sedikit lebih efektif jika mengandung zat pengikat seperti asam hialuronat atau vitamin C atau retinol," katanya.

Makanan yang kaya akan kolagen

makanan sehat
ilustrasi perempuan dengan sayuran/copyright by Vasin Lee on Shutterstock

"Kolagen adalah sesuatu yang dibuat oleh tubuh, di kulit dan jaringan tubuh kamu yang lain," kata Dr. Bordone. “Ini membantu memberikan struktur ke seluruh tubuh secara umum. Anak-anak muda menghasilkan lebih banyak kolagen dengan berbagai jenis, daripada orang yang lebih tua.

Kolagen adalah protein diet, jadi kamu bisa menemukannya di banyak makanan yang sudah kamu makan, seperti kaldu tulang organik, buah jeruk, blueberry, rasberi, bawang putih, sayuran berdaun gelap, dan kacang mede. “Makanan ini secara umum baik sehingga makan lebih banyak makanan ini akan memberikan nutrisi yang lebih baik dan dengan demikian menjaga kesehatan kamu juga menjadikan kulit tampak lebih muda,” kata Dr. Schwartz.

Penulis: Iffah Nurahmah

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓