Memahami Penyebab Timbulnya Jerawat Berdasarkan Area Wajah

Vinsensia Dianawanti27 Mar 2020, 19:00 WIB
Jerawat

Fimela.com, Jakarta Jerawat bisa tumbuh di mana saja. Terlebih jika kamu memiliki kulit berminyak yang memperbesar potensi timbulnya jerawat. Meski sudah menerapkan perawatan jerawat yang sesuai, terkadang tidak langsung sembuh. Malah justru membuat kondisi jerawat semakin parah.

Melansir dari Real Simple pada Selasa (24/3/2020) jerawat yang timbul di sejumlah area di wajah dapat mengindikasikan masalah kesehatan tertentu. Untuk itu kamu perlu memahami penyebab timbulnya jerawat agar perawatan yang dilakukan juga tepat.

1. Dahi

Dalam pengobatan Tiongkok, dahi dihubungkan dengan sistem pencernaan. Bisa jadi jerawat yang timbul di dahi merupakan tanda dari pola makan yang buruk atau iritasi pada usus besar. Kamu perlu melakukan detoks raun dengan mengurangi minuman berkafein dan makanan yang diproses secara berlebihan. Namun jika kamu memiliki poni yang menyebabkan timbulnya jerawat, kamu perlu mencucinya setiap kali mandi.

2. Pelipis

Menurut pemetaan Tiongkok kuno, pelipis berhubungan dengan ginjal dan kandungan kemih. Jika timbul jerawat di area tersebut, bisa jadi ada infeksi atau peradangan pada ginjal atau kandungan kemih. Kamu perlu mengurangi konsumsi alkohol, makanan yang diproses dan berminyak.

3. Pipi

Jerawat pada bagian pipi terkait dengan sistem pernapasan. Coba gunakan pembersih udara di rumah atau di tempat kerja. Namun jerawat di pipi bisa jadi karena sarung bantal, sprei, dan sarung ponsel yang kotor. Sehingga kamu harus membersihkan barang-barang tersebut untuk mengurangi jerawat baru yang muncul.

 

4. Dagu atau rahang

Jerawat
Ilustrasi jerawat/copyright shutterstock

Jerawat hormonal biasanya tumbuh di bagian dagu atau rahang. Ini biasanya dialami oleh perempuan yang memasuki periode menstruasi atau menjelang masa menopause. Kelebihan andorgen merangsang kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak dan menyebabkan pori-pori tersumbat. Sehingga penting bagi kamu untuk menjaga pola makan dan memperhatikan pola tidur yang cukup.

5. Garis rambut

Jerawat yang timbul di bagian ini biasanya diakibatkan produk rambut atau perawatan kulit tertentu yang tidak cocok. Disarankan untuk berhenti menggunakan produk rambut yang berbasis minyak dan beralih ke alternatif nonkomedeogenik.

6. Hidung

Area ini memang cukup rawan berjerawat karena ada lebih banyak kelenjar minyak. Pastikan untuk membersihkan area kulit secara menyeluruh terutama di bagian hidung. Carilah produk yang membantu pergantian sel kulit dan mengurangi peradangan.

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓