Cara Memperbaiki Rambut Kering dan Rapuh di Rumah

Fimela Editor26 Mar 2020, 09:00 WIB
Rambut Rontok

Fimela.com, Jakarta Menjaga kesehatan rambut memerlukan rutinitas yang konsisten dengan menggunakan produk-produk yang mengandung nutrisi yang tepat bagi rambut. Jika rambut kamu cenderung kering, ada beberapa perawatan yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kesehatan serta hidrasi rambut kamu di rumah tanpa harus mengunjungi salon.

Sementara pemikiran untuk menggunakan minyak atau masker rambut mungkin tampaknya belum menjadi rutinitas perawatan rambut banyak orang, karena beberapa dari kamu mungkin menganggap minyak atau masker rambut akan lebih mudah merusak rambut kamu. Dilansir dari byrdie.com, berikut ini tips untuk kamu yang memiliki rambut kering agar mendapatkan hasil terbaik dengan perawatan rambut yang tepat di rumah.

1. Membersihkan rambut dan penggunaan hair dryer yang tepat

Tip jenius lain untuk siapa pun yang memiliki rambut kering adalah coba tambahkan sedikit minyak ke ujung rambut sebelum keramas, karena itu dapat menghidrasi rambut sambil menjaga rambut agar terhindar dari pengeringan produk pembersih rambut. "Saat mengeringkan rambut, gunakan handuk katun karena merupakan penyerap terbaik paling untuk menghilangkan sebanyak mungkin air di rambut kamu sebelum menggunakan hair dryer," kata Brook. Kemudian ia juga merekomendasikan untuk fokus mengeringkan akar rambut terlebih dahulu. "Tergantung pada tekstur rambut, biarkan ujungnya mengering di udara atau turunkan suhu pengering ke medium untuk melindunginya dari panas." 

Cara merawat rambut kering dan rusak di rumah

[Fimela] rambut
ilustrasi rambut | unsplash.com/@timmossholder

2. Mencoba mencampur berbagai jenis minyak

Berbicara tentang minyak rambut, Ericka Verrett yang juga seorang penata rambut selebriti ini mengatakan minyak rambut sangat penting untuk rambut kering. "Minyak sangat cocok untuk digunakan pada rambut kering. Kamu juga bisa membuat perawatan DIY dengan banyak cara berbeda untuk menggunakan dan menggabungkannya dengan minyak lain ke dalam rutinitas perawatan rambut kamu." Tidak perlu mencari minyak-minyak tradisional, Verret bahkan lebih suka menyimpan produk minyak multitasking dalam kitnya. Dengan mencampur minyak tubuh dengan minyak kelapa sebagai perawatan sebelum keramas, kamu akan mendapatkan hasil rambut terbaik bahkan setelah keramas. Cukup campur beberapa pompa produk yang kamu miliki dengan sesendok minyak kelapa dan oleskan ke rambut 10 menit sebelum keramas. Setelah kamu mencucinya, rambut akan menjadi halus, berkilau, dan terhidrasi.

3. Konsumsi suplemen atau gunakan krim rambut

Ada beberapa jenis kekeringan yang berbeda, menurut Justine Marjan seorang stylist selebriti. "Beberapa jenis rambut perlu ditambahkan keratin, dan beberapa membutuhkan lebih banyak kelembaban berbasis krim," katanya. Mengetahui jenis kekeringan atau kerusakan apa yang dimiliki rambut dapat membantu menghindari kesalahan umum seperti berpikir bahwa rambut sedang membutuhkan kelembaban padahal rambut sedang membutuhkan protein atau sebaliknya.

Selain menjalani gaya hidup sehat, Marjan mengatakan bahwa suplemen rambut juga dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut untuk membuat rambut tumbuh lebih kuat dengan mencegah kekeringan di masa depan."

Merawat rambut kering dan rusak di rumah

[Fimela] rambut sehat
ilustrasi rambut sehat | unsplash.com/@paul_siewert

4. Membuat masker DIY

Perawatan DIY terbaik di rumah termasuk menambahkan satu sendok teh madu mentah organik dengan minyak kelapa. "Madu bertindak sebagai humektan, menyegel kelembaban dari minyak kelapa, sehingga membuatnya lebih efektif daripada jika digunakan sendiri." Mencampur keduanya dapat membuat perbedaan nyata pada rambut, pastikan untuk benar-benar membilas rambut setelah selesai sehingga tidak ada residu yang tersisa.

5. Penggunaan Aloe-Vera

Lidah buaya murni tidak hanya untuk menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari. Berkat antioksidan, asam lemak, dan vitamin A, C, dan E alami, tanaman ini mampu mengunci kelembapan di mana pun itu diterapkan, salah satunya adalah rambut. Produk perawatan rambut yang diresapi lidah buaya seperti sampo dan kondisioner adalah cara yang bagus untuk menerapkan bahan kuat ini ke dalam rutinitas perawatan rambut kamu.Cara menggunakannya juga mudah, potong tanaman dan oleskan gel pendingin di dalamnya langsung ke rambut.

Penulis: Iffah Nurahmah

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓