Cegah Penyebaran Virus Corona dengan Menjaga Kebersihan Perlengkapan Makeup dan Kecantikan Berikut Ini

Fimela Editor28 Mar 2020, 15:00 WIB
Kontroversi Produk Makeup dan Kecantikan Ramah Lingkungan

Fimela.com, Jakarta Virus corona yang tengah mewabah ini, membuat semua orang wajib waspada dan berusaha untuk melakukan pencegahan dengan melakukan social distancing dan bekerja dari rumah. Meskipun kita harus tetap tenang dan menghindari panik, penting juga untuk memperhatikan kebersihan diri dan juga barang-barang di sekitar.

Ketika mempertimbangkan rutinitas perawatan kulit harian, kamu harus mengambil langkah-langkah untuk melindungi kulit dan produk kecantikan atau makeup dari bakteri ataupun patogen lain termasuk virus corona

Melansir dari newbeauty.com, ada beberapa cara yang harus kamu perhatikan pada rutinitas kecantikan  guna mencegah penyebaran virus corona.

1. Wajib Mencuci Tangan

Mencuci tangan sangatlah penting. Tangan kamu menyentuh banyak barang, permukaan, dan benda-benda berbeda sepanjang hari yang dapat menampung bakteri. Ini juga berlaku sebelum menggunakan produk perawatan kulit atau makeup. Pastikan untuk mencuci tangan untuk menghindari kontaminasi pada produk kecantikan dan wajah.

2. Mencuci kuas makeup

Kuas makeup dan spons wajib dibersihkan secara rutin, setidaknya semingggu sekali untuk menghilangkan bakteri yang mungkin hidup di sana. Jangan lupa untuk mendisinfeksi semua kuas makeup termasuk gagang kuas, lipstik, lip gloss, wadah maskara, dan lain sebagainya dengan alkohol 70 persen. Setelah itu simpanlah di laci yang tertutup

3. Menggunakan aplikator

Hindari memasukkan jari ke dalam produk kecantikan, gunakan spatula atau tuangkan beberapa produk ke telapak tangan kamu untuk menghindari produk tersebut terkontaminasi. Jari tangan tidak hanya dapat mencemari produk dengan bakteri, tetapi juga dapat mengganggu keseimbangan pH produk.

 

4. Tidak menggunakan produk sample

Makeup/ Unsplash Manu Camargo
Makeup/ Unsplash Manu Camargo

Mungkin kamu suka mencoba sample lipstick ataupun makeup lainnya di toko kecantikan. Tapi ada baiknya untuk kamu tidak menggunakannya untuk meminimalisir penyebaran virus corona. Penting juga untuk tidak saling meminjamkan makeup kepada saudara atau teman.

Penulis: Dina

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓