Sukses

Beauty

Cegah Penularan Covid-19, Inilah Tips Mendisinfeksi Produk dan Alat Rias Secara Praktis

Fimela.com, Jakarta Pandemi Covid-19 masih terus berlangsung, kondisi ini memaksa semua orang untuk waspada terhadap penyebaran virus. Salah satu cara untuk mencegah atau mengurangi penyebarannya adalah melakukan disinfeksi terhadap barang dan lingkungan kita sehari hari, termasuk mendisinfeksi produk dan alat rias.

Produk dan alat rias yang kita gunakan setiap hari sangat rentan menjadi medium penyebaran dan penularan  bakteri dan virus dapat hidup didalam produk dan alat rias karena sentuhan tangan dan pengaplikasian ke wajah. Oleh karena itu, kamu perlu mendisinfeksikannya secara rutin.

Mendisinfeksikan produk dan alat rias juga tidak boleh sembarangan dan harus dilakukan secara benar agar steril. Maka dari itu, Fimela.com kali ini akan membagikan tips mendisinfeksi produk dan alat rias secara praktis yang bisa kamu praktikkan langsung di rumah. Simak tipsnya berikut ini. 

Selalu Dimulai dan Diakhiri dengan Kondisi Tangan yang Bersih

Sebelum lebih jauh membicarakan disinfeksi, hal penting yang perlu diperhatikan adalah kebersihan tangan. Biasakan mencuci tangan selama 20 detik menggunakan sabun dan air bersih sebelum menyentuh dan mengaplikasikan alat rias ke wajah. Begitupun setelah selesai, kamu harus tetap mencuci tangan.

Pastikan kamu mencuci tanganmu dengan benar, perhatikan apakah bagian bawah kuku dan sela sela jarimu sudah bersih dari sisa produk rias yang kamu pakai. Mencuci tangan yang benar merupakan cara ampuh untuk mengurangi penyebaran Covid-19.

Tips Mendisinfeksi Spons atau Beauty Blender

Spons atau beauty blender merupakan salah satu alat rias yang sering digunakan oleh kaum hawa. Alat ini memudahkan kita untuk mengaplikasikan foundation ke wajah. Pemakaian spons yang intens harus dibarengi juga dengan perawatannya agar alat tersebut tetap steril.

Tips mendisinfeksi spons secara praktis bisa dengan memasukkanya ke dalam microwave. Sebelum itu, siapkan cairan pembersihnya terlebih dahulu dengan mencampurkan sabun cuci piring dengan shampoo bayi ke dalam mangkok yang berisi air panas. Kemudian masukkan spons lalu peras. Terakhir, masukkan mangkok dengan spons tersebut ke dalam microwave dan panaskan selama satu menit, maka spons kamu akan bersih kembali.

Tips lain yang bisa kamu lakukan adalah mencuci spons dengan sabun cair atau minyak zaitun. Sabun cair dan minyak zaitun akan membersihkan spons dari sisa noda. Jangan lupa untuk memijit spons saat dicuci agar spons dapat bersih maksimal.

Tips Mendisinfeksi Brush atau Kuas Makeup

Tips mendisinfeksi produk dan alat rias selanjutnya adalah membersihkan brush atau kuas rias. Alat yang biasa digunakan untuk mengaplikasikan perona pipi ini rawan menjadi sarang bakteri, kuman, dan virus maka perlu dibersihkan secara rutin. Sama seperti spons, kamu dapat membersihkannya dengan cara dicuci.

Untuk mencucinya, kamu bisa gunakan sabun cuci piring dan minyak zaitun. Sabun cuci piring berfungsi untuk membersihkan kuas dari sisa noda makeup sementara minyak zaitun dipakai untuk menjaga tekstur halus dari brush itu sendiri. Cara mencucinya cukup mudah, kamu hanya perlu menuangkan sedikit sabun cair dan minyak zaitun secara bersamaan lalu celupkan brush dan bersihkan dengan menggerakan brush secara melingkar.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan alkohol gosok yakni, Isopropil untuk membersihkan brush secara praktis. Kamu hanya perlu menyemprotkannya ke brush lalu keringkan brush dengan kain bersih, brush kamu bisa bersih kembali setelahnya.

Tips Mendisinfeksi Produk Makeup

Setelah membahas bagaimana cara mendisinfeksi alat rias, pembahasan berikutnya adalah tips mendisinfeksi produk makeup. Ada banyak produk makeup yang biasa digunakan sehari-hari, dimulai dari: foundation, lipstick, face powder, hingga eyeshadow. Semua produk dapat kamu bersihkan secara praktis menggunakan alkohol gosok/Isopropil.

Kamu hanya perlu menyemprotkan alkohol gosok ke permukaan setiap produk makeup, perhatikan jangan disemprot terlalu banyak. Secukupnya saja. Setelah itu, keringkan permukaan dengan menggunakan kapas, maka semua produk makeup akan bersih kembali.

Khusus untuk liquid foundation, kamu bisa membersihkannya melalui nozzle atau saluran tempat keluarnya foundation beserta tutupnya dengan kapas yang sudah dicelupkan alkohol gosok.

Hindari Merias Wajah di Tempat Umum

Terakhir, tips mendisinfeksi produk dan alat rias yang telah direkomendasikan tidak akan bekerja baik apabila kamu tidak berhati-hati dalam merias wajah. Usahakan kamu tidak merias wajah ditempat umum atau tempat terbuka seperti toilet dan transportasi umum.

Produk dan alat rias akan mudah terkontaminasi virus, termasuk Covid-19 apabila dibiarkan diruangan terbuka. Maka dari itu, sebaiknya carilah tempat yang bersih ketika ingin merias wajah, misalnya dikamar.

Selain itu, hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah kebiasaan meminjamkan produk maupun alat rias kepada sesama wanita. Meskipun ini hal baik karena kamu bermaksud membantu tetapi risikonya sangat berbahaya. Covid-19 bisa saja menyebar melalui orang lain yang meminjam produk dan alat riasmu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading