Bukan Menakuti, Ini Bahaya Penggunaan Lipstik yang Tidak Tepat dan Perlu Diketahui

Anisha Saktian Putri31 Mar 2020, 19:00 WIB
Ilustrasi kecantikan

Fimela.com, Jakarta Lipstik menjadi komponen penting bari para perempuan, hal ini dikarenakan lipstik membuat wajah menjadi lebih segar. Maka tak heran jika banyak perempuan memiliki banyak warna dengan brand berbeda.

Namun perlu hati-hati, lipstik ternyata memiliki efek samping bila digunakan terus menerus apalagi jika sahabat Fimela tidak pernah membersihkan makeup. Waspada juga bisa kamu membeli lipstik dengan brand yang belum teruji.

Dilansir dari newvision.co.ug, efek samping tersebut terdapat pada bahan bakunya. Beberapa lipstik mengandung bahan kimia yang sangat berbahaya bagi kesehaatan. Seperti menyebabkan alergi, iritasi, dan pecah-pecah pada bibir. Bahkan, bahan kimia berbahaya dan logam yang terdapat pada kandungan lipstik dapat menyebabkan kanker.

Berikut beberapa efek samping menggunakan lipstik

[FIMELA] Giveaway Produk Viva untuk Fimelahood Semarang Akhir Bulan Maret 2020
Setelah lipstik, ada produk kecantikan lain yang menanti para pemenang giveaway Fimelahood periode Maret 2020. (Sumber foto: freestocks/unsplash.com)

1. Menyebabkan gagal ginjal

Lipstik yang mengandung logam berat seperti kadmium, magnesium, dan kromium. Semua logam ini dapat menyebabkan penyakit berbahaya dan kerusakan organ. Jumlah kadmium yang sangat tinggi dapat meningkatkan risiko gagal ginjal. Aplikasi lipstik yang sering dapat menyebabkan tumor perut parah.

2. Kerusakan saraf

Timbal adalah unsur umum dalam kebanyakan lipstik. Timbal adalah neurotoksin yang memiliki efek berbahaya pada sistem saraf. Ini juga dapat menyebabkan kerusakan otak, ketidakseimbangan hormon, dan infertilitas.

3. Mempengaruhi reproduksi

Beberapa lipstik memiliki bahan petrokimia sebagai bahan umum, yang memiliki efek samping berbahaya. Petrokimia adalah produk sampingan dari minyak mentah dan gas alam. Ini dapat menyebabkan gangguan endokrin yang berfungsi sebagai hambatan untuk pertumbuhan, perkembangan, reproduksi, dan kecerdasan.

4. Kanker

Bahan pengawet yang digunakan dalam lipstik adalah formaldehida dan paraben yang dikenal sebagai karsinogen. Lipstik yang menggunakan bahan pengawet ini menyebabkan iritasi mata, batuk, dan iritasi pada kulit. Minyak mineral yang digunakan dalam lipstik memblokir pori-pori kulit dan bertanggung jawab atas banyak efek berbahaya permanen.

5. Lipstik meningkatkan konsumsi racun

Lipstik dikenakan setiap hari, termasuk ketika makan di luar. Menelan lipstik secara tidak sengaja saat makan terlalu sering terkadang melebihi asupan harian yang diizinkan untuk zat aluminium, kadmium, kromium, dan mangan. Ini menumpuk di dalam tubuh dari waktu ke waktu dan menyebabkan keracunan. Asupan logam ini lebih dari 20 persen dari batas asupan harian yang diterima (ADI). ADI adalah jumlah maksimum racun yang dapat terpapar pada seseorang tanpa risiko kesehatan yang besar.

Melihat bahaya tersebut, ada baik kita sebagai perempuan bijak dalam memilih lipstik. Lihat label apakah mengandung bahan-bahan yang berbahaya. Atau bersihkan lipstik setelah beraktivitas.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓