Kenali Tanda Kulit Stres yang Harus Diketahui dan Cara Mengatasinya

Nabila Mecadinisa03 Apr 2020, 11:30 WIB
Ilustrasi kulit

Fimela.com, Jakarta Kulit berkaitan erat dengan kesehatan tubuh. Tak heran jika apa yang kita konsumsi mampu mempengaruhi kondisi kulit. Begitu juga dengan tingkat stres yang kita alami. Jika tubuh terlalu lelah dan stres, maka sejumlah masalah kulit akan terjadi.

Menerapkan gaya hidup sehat dan seimbang sangat diperlukan untuk tubuh dan kulit. Lalu sebenarnya, apa sih tanda kulit yang sedang mengalami stres, dan apakah ada cara untuk mengatasinya? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Timbul jerawat

Timbulnya jerawat pada kulit bisa disebabkan banyak hal, salah satunya stres. Ketika stres, maka hormon kortisol akan naik diiringi dengan kenaikan hormon testosteron. Hal ini memicu lonjakan produksi sebum atau minyak pada kulit yang dapat memicu timbulnya jerawat dan peradangan.

Cara mengatasinya:

Imbangi dengan hidrasi kulit yang cukup, sehingga produksi minyak tetap terjaga, dan usahakan untuk menggunakan kandungan tea tree atau salicylic acid di dalam produk perawatan kamu yang efektif untuk meredakan peradangan dan membunuh kuman bakteri penyebab jerawat. 

Ciri kulit stres dan cara mengatasinya

Kecantikan
Ilustrasi kecantikan kulit (Photo by Jeremy Bishop on Unsplash)

2. Lingkar hitam pada mata

Saat stres, biasanya kamu mengalami kesulitan untuk tidur. Oleh sebab itu, lingkar hitam pada mata dan tampilan mata sembap akan terlihat.

Cara mengatasinya:

Atasi dengan menggunakan conceler dan juga lakukan perawatan dengan eye cream yang mengandung kafein untuk membantu mengatasi mata panda yang kamu miliki.

3. Kulit kusam

Rona di kulit akan hilang dan membuat kompleksi terlihat kusam. Hal ini karena tubuh kehilangan cairan dan proses regenerasi kulit terganggu.

Untuk mengatasinya:

Upayakan untuk penuhi hidrasi optimal pada kulit dan gunakan produk yang dapat mengeksfoliasi kulit secara lembut seperti menggunakan glycolic acid untuk membantu proses eksfoliasi secara optimal.

Oleh sebab itu, upayakan untuk menghindari stres dan hidup lebih seimbang sehingga kondsi kulit dapat terjaga dan sehat optimal.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓