10 Makanan yang Harus Dihindari Pemilik Jerawat Batu

Kezia Prasetya Christvidya31 Mar 2020, 15:45 WIB
jerawat batu - kezo

Fimela.com, Jakarta Wajah yang berjerawat merupakan sebuah masalah bagi wanita. Jerawat pada wajah memiliki beberapa jenis, salah satunya jerawat batu. Jerawat batu merupakan jerawat yang paling membandel, daripada jerawat yang lainnya.

Jerawat batu atau yang biasa disebut dengan cystic acne, memiliki ukuran yang besar dan keras. Jerawat ini sangat susah dihilangkan. Jerawat batu terjadi akibat produksi kelenjar minyak yang berlebihan. Pola hidup yang buruk seperti jarang membersihkan makeup, sering begadang dan mengkonsumsi makanan berlemak, dapat menyebabkan jerawat batu.

Artikel kali ini membahas tentang 10 makanan yang harus dihindari pemiliki jerawat batu, yang sudah dirangkum dari beberapa sumber:

Makanan Manis

ilustrasi makanan manis/freepik
ilustrasi makanan manis/freepik

Makanan manis yang mengandung gula tambahan juga dapat menyebabkan jerawat. Kadar gula tinggi yang terkandung dalam suatu makanan, akan menyebabkan insulin dalam darah naik. Kadar gula darah yang tinggi bisa menyebabkan masalah kulit.

Mengkonsumsi makanan manis dapat memicu kenaikan hormon. Perubahan hormon ini yang akan membuat kelenjar minyak memproduksi minyak berlebih, dan memunculkan jerawat batu.

Karbohidrat Olahan

ilustrasi karbohidrat/pexels
ilustrasi karbohidrat/pexels

Karbohidrat olahan terbuat dari bahan tepung yang kemudian diolah. Contohnya roti, biscuit, sereal dan pasta. Karbohidrat olahan ini juga memiliki kadar gula yang tinggi.

Walaupun karbohidrat olahan tidak terlalu banyak memproduksi sebum, namun kandungan gula pada karbohidrat olahan, akan membuat peradangan pada jerawat batu.

Keripik atau Snack

ilustrasi snack/pexels
ilustrasi snack/pexels

Satu bungkus plastik kripik mengandung karbohidrat dan lemak tinggi. Keripik atau snack merupakan produk olahan. Produk ini termasuk makanan yang harus dihindari pemilik jerawat batu.

Keripik mengandung lemak yang dapat meningkatkan produksi minyak diwajah. Selain itu, karbohidrat olahan yang terkandung dalam kripik, dapat meningkatkan insulin yang membuat jerawat batu.

Produk Olahan Susu

ilustrasi susu/pexels
ilustrasi susu/pexels

Produk olahan susu memiliki banyak kandungan gula buatan. Contoh produk olahan susu adalah yogurt, keju dan es krim. Selain membuat insulin pada tubuh naik, produk olahan susu dapat mendorong produksi sebum, yang bisa menyumbat pori-pori pada kulit wajah.

Sebum adalah minyak yang dihasilan oleh kelenjar minyak. Jika pori-pori pada kulit wajah tersumbat sebum, maka jerawat batu akan muncul pada permukaan wajah.

Coklat

ilustrasi coklat/freepik
ilustrasi coklat/freepik

Coklat merupakan produk olahan yang paling disukai semua orang. Ternyata kandungan gula tambahan pada coklat sangatlah tinggi, yang bisa membuat orang berjerawat.

Selain itu, coklat juga bisa membuat sistem kekebalan tubuh menurun. Hal ini akan membuat jerawat batu susah disembuhkan.

Gorengan

ilustrasi gorengan/istockphoto
ilustrasi gorengan/istockphoto

Gorengan merupakan makanan yang wajib di konsumsi oleh orang Indonesia. Namun, proses pembuatan gorengan ini, yang akan membuat jerawat batu tumbuh.

Gorengan seperti mendoan, biasanya dibuat dengan campuran tembung. Kemudian digoreng menggunakan minyak yang sangat banyak. Minyak jenuh ini akan membuat jerawat semakin parah.

Telur

ilustrasi telur/unsplash
ilustrasi telur/unsplash

Mengkonsumsi telur bisa membuat kondisi jerawat batu semakin parah. Karena telur memiliki banyak kandungan protein di dalamnya. Jika terlalu banyak mengkonsumsi protein, produksi sebum diwajah akan semakin banyak.

Bagi sebagian orang yang alergi telur, akan membuat kulit kemerahan dan muncul jerawat. Selain itu, mengkonsumsi banyak telur akan mengakibatkn bisulan.

Seafood

ilustrasi seafood/unsplash
ilustrasi seafood/unsplash

Seafood atau makanan laut, memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. seperti udang dan lobster. Protein memang sangat penting perannya di dalam tubuh. Namun kelebihan protein, dapat mengakibatkan masalah kulit seperti jerawat batu.

Seafood yang akan dikonsumsi, harus diperhatikan tingkat kebersihannya. Selain menyebatkan jerawat batu, mengkonsumsi seafood juga bisa mengakibatkan gatal-gatal pada kulit.

Alkohol

ilustrasi alkohol/pexels
ilustrasi alkohol/pexels

Konsumsi alkohol memang harus dihindari. Minuman beralkohol memiliki kandungan gula yang tinggi. Alkohol juga bisa membuat kulit dehidrasi.

Minyak pada wajah bisa muncul pada saat kulit dehidrasi atau kulit kering. Menggunakan makeup pada saat kondisi kulit kering, akan sangat susah dibersihkan. Sehingga pori-pori akan tersumbat dan memunculkan jerawat batu.

Jus Kemasan

ilustrasi jus/pexels
ilustrasi jus/pexels

Jus buah maupun jus sayuran sangat baik dikonsumsi. Namun, jika mengkonsumsi meminuman jus kemasan pada saat berjerawat, akan membuat jerawat semakin parah.

Tanpa gula tambahan, sebenarnya buah dan sayuran itu sudah mengandung gula alami. Proses pembuatan jus kemasan membutuhkan pemanis buatan. Selain itu, jus kemasan juga mengandung bahan pengawet.

Mencegah Jerawat Batu

ilustrasi jerawat batu/shutterstock
ilustrasi jerawat batu/shutterstock

Jerawat batu merupakan jerawat yang susah kempes. Tidak memakan makanan yang dihindari pemilik jerawat batu, merupakan hal wajib. Namun jerawat batu juga bisa dicegah dengan rajin melakukan perawatan wajah.

Rawatlah wajah menggunakan produk perawatan, yang dikhususkan untuk menyembuhkan jerawat batu. Jerawat batu juga bisa dihilangkan, kalau Sahabat Fimela rajin mengkompres jerawat dengan es batu.

Mengkonsumsi makanan yang bervariasi juga diperbolehkan. Konsumsilah makanan yang bergizi. Hindarilah produk-produk kemasan maupun produk olahan. Mengkonsumsi makanan yang berasal dari nabati lebih dianjurkan. Konsumsilah air putih minimal 8gelas sehari. Jangan lupa untuk menjaga kualitas tidur, dengan tidur selama 7jam sampai 8jam.

Lanjutkan Membaca ↓