Penyebab dan Cara Menghilangkan Jerawat Pasir

Kezia Prasetya Christvidya01 Apr 2020, 09:26 WIB
jerawat pasir-kezo

Jerawat atau acne vulgaris muncul karena terjadi penyumbatan pada pori-pori. Selain itu, jerawat disebabkan karena adanya infeksi oleh bakteri. Hal ini bisa menimbulkan iritasi dan memunculkan berbagai jenis jerawat. Salah satunya adalah jerawat pasir.

Jerawat pasir adalah jerawat yang berisi kotoran dan muncul secara bersamaan di daerah wajah. Jerawat pasir ini hampir sama dengan beruntusan.

Jerawat pasir memiliki ukuran yang kecil, diujung jerawat berkepala putih dan berisi nanah. Terkadang jerawat ini membuat sebagian area memerah.

Jerawat ini menyebar di sekitar pipi dan dahi. Jerawat pasir bisa menyebar ke seluruh wajah, kalau Sahabat Fimela sering memencet jerawat tersebut. Memencet jerawat secara paksa, akan membuat peradangan jerawat, dan menimbulkan bekas jerawat yang susah dihilangkan.

Penyebab Jerawat Pasir

ilustrasi jerawat/shutterstock
ilustrasi jerawat/shutterstock

Jerawat pasir disebabkan oleh penyumbatan pori-pori, yang tersumbat oleh debu kotoran, minyak dan bakteri. Pori-pori yang tersumbat kotoran, akan membuat wajah menghasilkan minyak berlebih.

Pori-pori yang tersumbat ini akan meradang dan menimbulkan benjolan berupa nanah. Kemudian jerawat pasir akan menyebar kebeberapa bagian wajah.

Faktor Lain Penyebab Jerawat Pasir

ilustrasi jerawat/unsplash
ilustrasi jerawat/unsplash

Jerawat pasir juga disebabkan oleh beberapa faktor seperti hormon, stress dan kebiasaan menyentuh wajah.

Hormon yang tinggi dapat merangsang produksi minyak dikulit lebih banyak. Kondisi seperti ini biasanya terjadi pada saat menstruasi, hamil atau menopause.

Stres juga bisa memicu timbulnya jerawat pasir. Biasanya pada saat stress, insulin dalam tubuh akan meningkat dan menimbulkan jerawat.

Sering menyentuh wajah juga bisa menyebabkan jerawat pasir muncul. Kuman dan kotoran yang ada di tangan, dapat menyebar ke wajah, saat tangan memegang wajah.

Pada saat menggunakan riasan wajah, harus segera dibersihkan. Sisa-sisa kosmetik akan menempel pada wajah, kemudian bercampur dengan minyak kulit, dan menyumbat pori-pori wajah.

Mengkonsumsi Makanan Pemicu Jerawat

ilustrasi roti/pexels
ilustrasi roti/pexels

Jerawat pasir juga bisa disebabkan karena mengkonsumsi makanan yang bisa memicu jerawat. Makanan yang memicu jerawat adalah makanan yang mengandung lemak, produk olahan, alkohol dan makanan manis.

Makanan tersebut dapat meningkatkan kadar gula darah atau insulin di dalam tubuh. Kadar gula tinggi akan membuat peningkatan produksi minyak tubuh. Hal ini akan memicu munjulnya jerawat pada wajah.

Cara Menghilangkan Jerawat Pasir Secara Alami

ilustrasi masker/shutterstock
ilustrasi masker/shutterstock

Jerawat pasir bisa dihilangkan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Namun harus digunakan secara rutin dan telaten.

Menghilangkat jerawat pasir bisa dilakukan dengan membuat masker yoghurt, putih telur, madu, tomat, jeruk nipis, dan lidah buaya.

Yogurt memiliki kandungan probiotik yang bisa membunuh bakteri jerawat.

Vitamin B2 yang terkandung pada putih telur bisa menghilangkan jerawat pasir. Karena vitamin B2 ini memiliki fungsi untuk meredakan stress.

Selain menyembuhkan infeksi dan peradangan pada jerawat pasir, kandungan antibiotik pada madu dapat membantu memudarkan bekas jerawat.

Tomat diperkaya dengan kandungan vitamin yang bisa membantu mengatasi masalah jerawat. Selain bisa digunakan sebagai masker, tomat juga bisa dimakan.

Air perasan jeruk nipis bisa memiliki fungsi untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat.

Lidah buaya juga sangat bagus jika dijadikan masker. Karena lidah buaya memiliki kandungan polifenol yang bersifat antibacterial.

Cara Menghilangkan Jerawat Pasir dengan Perawatan Medis

ilustrasi masker/shutterstock
ilustrasi masker/shutterstock

Cara menghilangkan jerawat pasir secara alami, bisa dilakukan pada jerawat pasir yang normal. Namun pada kasus jerawat pasir yang parah, untuk menghilangkannya dibutuhkan perawatan khusus oleh tenaga medis.

Pada masalah jerawat pasir, biasanya dokter memberikan beberapa resep obat untuk menghilangkan peradangan, dan untuk membunuh bakteri serta kuman di kulit.

Selain itu, dokter akan memberikan beberapa produk perawatan wajah, yang mengandung bahan aktif seperti benzoyl peroxide atau retinoid. Kandungan bahan aktif ini bisa membantu menyembuhkan peradangan jerawat pasir.

Biasanya di beberapa klinik kecantikan, dokter juga memberikan perawatan khusus seperti acne peeling, untuk menyembuhkan jerawat dibantu dengan alat.

Rawat Wajah Agar Tidak Menimbulkan Jerawat Pasir

ilustrasi masker/shutterstock
ilustrasi masker/shutterstock

Semua wanita pasti menginginkan wajah yang mulus dan sehat. Untuk menghindari terjadinya jerawat pasir, Sahabat Fimela bisa menjaga kebersihan pada wajah. Bersihkan makeup setelah menggunakan makeup. Cuci wajah setelah berpergian. Karena di jalan banyak polusi yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat.

Pada saat wajah sedang berjerawat, usahakan jangan menggunakan makeup, agar jerawat tidak bertambah parah. Tetapi kalau terpaksa menggunakan makeup, gunakanlah makeup yang ringan, dan gunakan makeup yang non-comedogenic.

Menjaga rambut tetap bersih juga bisa membantu mencegah timbulnya jerawat pasir. Karena rambut yang kotor akan menyentuh wajah, kemudian membuat wajah terkena bakteri. Sehingga harus selalu mencuci rambut, minimal dilakukan 2 hari sekali. Selain bebar dari jerawat, rambut akan menjadi bersih dan wangi setiap hari.

Lanjutkan Membaca ↓