2 Brand Skincare Lokal Produksi Hand Sanitizer untuk Melawan Virus Corona

Karla Farhana04 Apr 2020, 08:00 WIB
[Fimela] hand sanitizer

ringkasan

  • Riset internal Tokopedia yang menunjukkan, produk kesehatan seperti masker mulut, camilan sehat, hingga cairan antiseptik atau hand sanitizer memiliki angka penjualan yang meningkat.
  • Di antara banyaknya brand lokal yang sukses di Tokopedia, dr. Soap dan Herborist sangat menonjol. Pasalnya, keduanya berperan aktif memerangi virus Corona atau COVID-19.
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Meski jumlah orang yang terinfeksi virus Corona di Indonesia semakin bertambah setiap harinya, namun kesadaran masyarakat akan produk kesehatan ternyata meningkat. Hal ini berdasarkan riset internal Tokopedia yang menunjukkan, produk kesehatan seperti masker mulut, camilan sehat, hingga cairan antiseptik atau hand sanitizer memiliki angka penjualan yang meningkat. 

“Belanja online memangdapat menjadi alternatif mengurangi risiko penyebaran virus di tempat ramai sekaligus mendorong bisnis lokal,contohnya dr soap dan Herborist di Tokopedia, terus beroperasi secara online," jelas External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya. 

Di antara banyaknya brand lokal yang sukses di Tokopedia, dr. Soap dan Herborist sangat menonjol. Pasalnya, keduanya berperan aktif memerangi virus Corona atau COVID-19. Bukan hanya memutar roda perekonomian digital, keduanya pun meningkatkan produksi hand sanitizer dan menyalurkan bantuan dengan berbagai kerja sama. Berikut kisah perjuangan kedua brand lokal di Tokopedia. 

dr. Soap

[Fimela] dr. Soap
dr. Soap memproduksi cairan pembersih gadget, hand sanitizer, dan pembersih multifungsi untuk beberapa produk. | Image Dynamics PR

Didirikan Eunike Selomith dan Joycellynne Stefanie tahun 2015, seluruh produk dr. Soap terbuat dari bahan nabati yang diracik dengan bahan premium pilihan di laboratorium. Produk-produknya pun ramah lingkungan, tanpa kandungan SLS, NLS, EDTA, dan paraben. 

 

Di tengah pandemi virus Corona ini, dr. Soap juga memproduksi cairan pembersih gadget, hand sanitizer, dan pembersih multifungsi untuk beberapa produk. Menurut Eunike, penjualan produk dr. Soap terutama cairan pembersih dan hand sanitizer melonjak. 

“Cairan pembersih gadget, hand sanitizer atau cairan antiseptik dan pembersih multifungsi termasuk beberapaproduk dr soap yang paling banyak dicari masyarakat belakangan ini,” ujar Eunike.

Selain itu, dr. Soap juga berkolaborasi dengan lembaga kemanusiaan dan organisasi perkumpulan dokter untuk menyalurkan bantuan berupa produk hand sanitizer kepada sejumlah instansi kesehatan dan masyarakat yang membutuhkan. Eunike berharap, pihaknya dapat menggencarkan produksi sesuai kebutuhan sehingga dapat membantu masyarakat menjaga kesehatan dan kebersihan di tengah pandemi Corona. 

"Kami terus mengeksplorasi peluang kerja sama dengan berbagai instansi, besar maupun pemula,untuk memudahkan pengadaan produk sanitasi. Harapannya, kami dapat menggencarkan produksi sesuaikebutuhan sehingga dapat membantu masyarakat menjaga kesehatan dan kebersihan di tengah pandemi COVID-19,” tambah Eunike.

Herborist

[Fimela] Herborist
Herborist berkolabirasi dengan pemerintah daerah, seperti Pemprov Jateng, untuk menyalurkan bantuan berupa 5.000 liter hand sanitizer kepada instansi kesehatan. | Image Dynamics PR

Brand lokal asal Semarang ini juga tak kalah dari dr. Soap. Herborist juga memproduksi hand sanitizer dengan harga terjangkau. COO PT Victoria Care Indonesia, Sumardi Widjaja mengatakan kalau pada awalnya pihak Herborist membuat cairan antiseptik khusus untuk kebutuhan sanitasi pabrik. 

Namun, di tengah pandemi COVID-19 ini, pihaknya menggerakkan 2/3 tim untuk fokus membuatnya secara massal demi membantu masyarakat mendapatkan produk kesehatan dengan mudah. 

“Awalnya, kami membuat cairan antiseptik khusus untuk kebutuhan sanitasi pabrik kami.Melihat perkembangan COVID-19 di Indonesia, kami menggerakkan 2/3 tim produksi untuk fokus membuatnyasecara massal demi membantu masyarakat mendapatkan produk kesehatan dengan mudah," jelasnya. 

Selain itu, Herborist juga berkolabirasi dengan pemerintah daerah, seperti Pemprov Jateng, untuk menyalurkan bantuan berupa 5.000 liter hand sanitizer kepada instansi kesehatan, seperti puskesmas. Pihaknya berharap upaya ini bisa membantu memutuskan mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia. 

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓