Istilah-Istilah Perawatan Kulit Berjerawat di Klinik Kecantikan

Kezia Prasetya Christvidya01 Apr 2020, 18:45 WIB
perawatan-kezo

Fimela.com, Jakarta Perawatan kulit adalah kegiatan yang paling disukai wanita. Ada banyak perawatan kulit yang bisa dilakukan. Perawatan kulit dilakukan agar kulit tetap terjaga dan sehat.

Perawatan kulit bisa dilakukan di rumah ataupun di klinik kecantikkan. Khusus yang memiliki masalah kulit seperti jerawat, dianjurkan untuk melakukan perawatan di klinik kecantikan.

Untuk menyembuhkan kulit berjerawat, dibutuhkan perawatan kulit yang khusus, agar jerawat cepat sembuh.

Perawatan di klinik kecantikan, biasanya akan ditangani oleh dokter spesialis kulit. Sebelum melakukan perawatan dikulit kecantikkan, yuk simak istilah-istilah perawatan kulit berjerawat di klinik kecantikan:

Chemical Peeling untuk Jerawat

ilustrasi peeling/shutterstock
ilustrasi peeling/shutterstock

Bagi kulit berjerawat, biasanya chemical peeling adalah perawatan yang akan ditawarkan pertama kali. Chemical peeling ini hanya boleh dilakukan oleh dokter di klinik kecantikkan. Chemical peeling ini adalah perawatan dengan mengoleskan cairan obat, yang membantu menyembuhkan jerawat sampai kering.

Dalam proses chemical peeling, akan dibagi dalam 3 jenis yaitu peeling dangkal, peeling sedang dan peeling dangkal, tergantung pada tingkatan lapisan kulit.

  1. Peeling dangkal atau superficial chemical peeling, dilakukan pada lapisan kulit terluar atau epidermis kulit. Peeling ini harus dilakukan secara rutin agar hasilnya maksimal.
  2. Peeling sedang atau medium chemical peeling, proses peelingnya dilakukan sampai bagian dermis kulit. Untuk melakukan perawatan ini, dianjurkan hanya 1 sampai 2 kali dalam setahun.
  3. Peeling dalam atau deep chemical peeling, dilakukan dengan bius total. Agar pasien tidak merasakan sakit. Perawatan dengan deep peeling ini hanya boleh dilakukan sekali saja.

Intense Pulse Light Acne

ilustrasi ipl/shutterstock
ilustrasi ipl/shutterstock

Intense Pulse Light Acne atau yang biasa disebut dengan IPL jerawat, merupakan perawatan wajah menggunakan cahaya lampu xenon.

IPL ini memiliki fungsi untuk mengeringkan jerawat, membunuh bakteri sampai lapisan kulit terdalam, memperbaiki jaringan kulit, dan menghilangkan bekas jerawat.

Banyak orang beranggapan bahwa perawatan IPL ini sama dengan perawatan laser. Namun kedua perawatan itu sangatlah berbeda. Perawatan IPL jerawat ini menggunakan gelombang cahaya untuk menyembuhkan area kulit yang besar. Kalau laser, hanya fokus pada 1 titik saja.

Platelet Rich Plasma

ilustrasi prp/shutterstock
ilustrasi prp/shutterstock

Platelet Rich Plasma atau PRP Acne adalah perawatan wajah menggunakan darah. PRP ini sering disebut dengan Vampire Treatment. Darah pasien akan diambil dan dijadikan plasma. Plasma darah dipercaya dapat membantu menyembuhkan jerawat dan peremajaan kulit.

Perawatan ini hanya boleh dilakukan oleh dokter. Dokter akan mengambil darah pasien, kemudian darah tersebut diolah secara steril, lalu plasma darah akan disuntikkan ke kulit wajah pasien.

Selain membantu menyembuhkan jerawat, perawatan ini bisa membantu pertumbuhan rambut.

Mesotherapy Acne

ilustrasi meso acne/shutterstock
ilustrasi meso acne/shutterstock

Mesotherapy Acne adalah perawatan dengan cara memasukkan serum jerawat ke bagian kulit. Serum ini mengandung vitamin dan mineral alami, yang dimasukkan ke kulit dengan bantuan sinar LED.

Perawatan mesotherapy acne tidak menimbulkan rasa sakit. Selain bisa menyembuhkan jerawat, perawatan ini juga bisa membantu penghambatan penuaan dini pada kulit.

Oxy Facial Acne

ilustrasi oxy/shutterstock
ilustrasi oxy/shutterstock

Oxy Facial Acne merupakan perawatan kulit berjerawat dengan serum oksigen. Selain menyembuhkan jerawat, perawatan oxy facial ini mampu membersihkan pori-pori wajah dari kotoran. Hasil dari perawatan oxy facial akan membuat kulit lebih lembap, memperlancar sirkulasi darah di kulit wajah, dan mencegah radikal bebas.

Oxy facial acne hanya boleh dilakukan bagi Sahabat Fimela yang sudah berusia 18tahun ke atas.

Biasanya dokter akan menyemprotkan oksigen dengan alat bernama jet spray. Alat ini akan menyemprotkan beberapa kandungan serum oksigen yaitu hyaluronic acid, antioksidan dan peptine.

Acne Injection

ilustrasi injeksi/shuttershock
ilustrasi injeksi/shuttershock

Acne injection adalah perawatan kulit berjerawat dengan melakukan penyuntikkan langsung di jerawat. Injeksi jerawat ini bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat papula, jerawat nodul dan jerawat kista.

Injeksi jerawat ini mengandung obat kortikosteroid. Kandungan ini akan membuat jerawat cepat kempes, namun tidak menimbulkan bekas jerawat.

Injeksi jerawat hanya boleh dilakukan oleh dokter spesialis kulit. Karena memerlukan prosedur penyuntikan dengan penentuan dosis obat. Dosis obat yang diberikan harus sesuai dengan kondisi jerawat pasien.

Penyuntikkan jerawat ini sangat disukai pemilik jerawat. Namun tidak semua orang bisa melakukan perawatan ini. Injeksi jerawat hanya boleh dilakukan pada pasien yang berumur 18 tahun ke atas, tidak boleh dilakukan pada wanita hamil, tidak boleh dilakukan pada orang yang alergi obat, dan tidak boleh dilakukan pada pasien yang memiliki sakit tertentu.

Injeksi jerawat bukanlah cara untuk menghentikan jerawat pada kulit. Namun hanya untuk mengatasi peradangan pada kulit jerawat. Perawatan ini tidak dibolehkan dilakukan secara rutin.

Facial Wajah

ilustrasi facial/shutterstock
ilustrasi facial/shutterstock

Facial adalah tindakan perawatan yang umum dilakukan pada wajah. Facial boleh saja dilakukan pada kulit berjerawat. Tetapi tidak boleh dilakukan proses ekstraksi pada jerawat.

Proses ekstraksi adalah proses mengeluarkan komedo atau memecah jerawat. Jika proses ekstraksi dilakukan pada jerawat, maka jerawat akan infeksi dan meninggalkan bekas jerawat.

Lanjutkan Membaca ↓