Sukses

Beauty

Jaga Kulit tetap Sehat, 4 Produk Kecantikan Ini Wajib Dipakai Selama di Rumah Aja

Fimela.com, Jakarta Bekerja dari rumah tampaknya mengubah sedikit rutinitas kamu, baik itu dalam hal pekerjaan hingga perawatan diri. Dimana biasanya kamu rajin berdandan sebelum berangkat ke kantor, sekarang dengan adanya himbauan #DiRumahAja banyak dari kita yang memilih untuk tidak berdandan. Ini lah salah satu bagian terbaik dari bekerja dari rumah, sebab tidak ada yang akan menilai penampilan kita kecuali diri kita sendiri. Tetapi apakah pilihan ini mampu memastikan kulit kamu tetap hidup dan sehat? Belum tentu. Ternyata, melewatkan makeup dalam periode yang lama sebenarnya bisa menjadi salah satu pemicunya.

"Produk perawatan kulit kamu masih berharga meskipun kamu bekerja dari rumah," kata Dr. Maggie Kober, MD, FAAD, seorang dokter kulit. "Pertimbangkan untuk melewatkan riasan jika memungkinkan, tetapi pastikan untuk melanjutkan rutinitas seperti pembersihan, pelembab, anti-penuaan, dan perlindungan dari sinar matahari." Jika kamu tidak memiliki rutinitas perawatan kulit yang mencakup semua langkah itu, jangan khawatir. Berikut adalah produk yang harus kamu fokuskan dan juga ada beberapa yang mungkin belum pernah kamu coba sebelumnya namun memiliki banyak manfaat bagi kulitmu, dilansir dari bustle.com

SPF

Jika kamu bertanya kepada ahli apa pun, mereka akan dengan cepat memberi tahu kamu bahwa SPF adalah salah satu produk paling penting untuk dipakai di rumah. "Terus pakai SPF setiap hari, terutama jika kamu berada di dekat jendela," kata Dr. Kober, yang menyarankan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih. "Sementara kaca jendela menghalangi sebagian besar sinar UVB, namun sinar UVA terus menembus kaca. Sinar UVA adalah sinar utama yang bertanggung jawab untuk photoaging."

Dustin Holt, salah satu pendiri merek SPF Sonrei yang dikenal karena tabir surya gel tembus pandang, setuju. Ia mengatakan pasti ada "cara tersembunyi" bahwa radiasi UV dapat menjangkau kulitmu melalui kedua jendela atau bahkan hanya selama 15-30 menit berjalan. "Menurut CDC, sinar UV matahari dapat merusak kulit hanya dalam 15 menit," kata Holt. "Ingat saja, bahkan pada hari-hari berawan sinar UVA dapat menembus melalui awan dan membuat kulit kamu rusak akibat sinar matahari." Jika kamu tidak terbiasa mengenakan SPF setiap hari, sekarang adalah saat yang tepat untuk memulai.

4 Produk yang wajib digunakan selama di rumah

Pelembab non-comedogenik atau serum asam hyaluronic

Sementara sebagian besar ahli sepakat bahwa SPF sama pentingnya dengan perlindungan kulit, Dr. Kober juga mengatakan bahwa melembabkan kulit harus menjadi prioritas utama kamu saat bekerja dari rumah atau tinggal di dalam ruangan. "Perlindungan matahari secara universal sangat penting. Namun, menyesuaikan diri dengan berada di dalam ruangan sepanjang hari artinya kamu harus menjaga kelembaban kulitmu," Kata Dr. Kober. "Pelembab non-komedogenik dan serum asam hialuronat berfungsi untuk mengisi kembali hidrasi alami kulit kita dan memerangi efek pengeringan akibat pemanas dan pendingin udara."

Retinol atau retinoid

Selain memastikan kulit sehat dan terlindungi, berada di rumah juga berarti ini adalah waktu yang tepat untuk mencoba produk perawatan kulit yang mungkin belum pernah kamu coba sebelumnya. Ambil retinol atau retinoid misalnya. Ini adalah dua produk yang ditunjuk oleh Dr. Kober, sebab terbukti secara ilmiah untuk merangsang produksi kolagen, bahkan warna kulit. Namun, mereka juga membutuhkan waktu untuk menyesuaikan dengan kondisi kulit kamu.

"Jika kamu belum pernah menggunakan retinol, ini akan menjadi saat yang tepat untuk menggunakannya sebagai rutinitas perawatan kulit di malam hari. Namun kulit kamu rentan mengalami beberapa pengeringan atau efek buruk lainnya pada tahap awal pemakaian," kata Patel.

4 Produk yang wajib digunakan selama di rumah

Masker wajah

Bekerja dari rumah bukan berarti meringankan beban stres di dalam otak kamu, seperti yang sering terjadi, stres dalam hidup sama halnya dengan stres yang dialami kulit kita. Untuk mengatasi kelelahan atau peradangan, Dr. Kober menyarankan untuk memilih masker wajah yang cocok untuk kulitmu atau kamu juga bisa membuatnya sendiri dengan resep DIY disela-sela waktu luang kamu.

"Masker yogurt-kopi akan mengurangi bengkak dan terkelupas dengan lembut," kata Dr. Kober. "Campurkan tiga sendok makan yogurt dengan dua sendok makan kopi bubuk halus, kemudian aduk sampai keduanya menjadi pasta. Perlakukan dengan lembut ke wajah kamu dengan gerakan melingkar. Bersantailah dan nikmati selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Setelah itu keringkan dengan handuk bersih. "

Penulis: Iffah Nurahmah

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading