Cara Terbaik untuk Melembabkan Kulit Setelah Mandi

Fimela Editor09 Apr 2020, 08:30 WIB
Diperbarui 09 Apr 2020, 08:30 WIB
Body Lotion

Fimela.com, Jakarta Kulit yang kering membutuhkan kelembaban ekstra untuk menghindari segala macam bentuk iritasi atau luka. Oleh karena itu, banyak orang memilih menggunakan lotion untuk memberi kelembaban pada kulit. Namun faktanya, kelembaban yang diberikan lotion ternyata kurang efektif untuk kulit kering. Dibandingkan dengan pelembab kulit lainnya, lotion tidak menjamin kulit terhidrasi dengan baik. Ada perbedaan yang lebih besar antara lotion dan pelembab lain yang mungkin selama ini belum kamu ketahui. Pengolesan lotion di seluruh tubuh mungkin sudah menjadi kebiasaan jika kamu khawatir akan kulit kering, terutama setelah mandi. Mungkin kamu benar dengan menggunakan pelembab segera setelah mandi, tetapi kamu bisa saja salah tentang jenis pelembab yang kamu gunakan.

Menurut American Academy of Dermatology (AAD), lebih dari 20.000 dokter kulit yang berpraktik, lebih menganjurkan banyak orang untuk menggunakan salep atau krim, daripada lotion, untuk mendapatkan manfaat hidrasi yang baik setelah mandi. Jika kamu memiliki kulit yang kering, mengetahui perbedaan antara lotion, salep, dan krim sangatlah penting.

 

Cara melembapkan kulit setelah mandi

Melebapkn kulit
Cara melembapkan kulit setelah mandi

Halaman National Eczema Society tentang emolien juga menunjukkan bahwa krim memiliki manfaat tambahan berupa rasa ringan dan dingin pada kulit kering atau teriritasi. Untuk hasil terbaik kamu bisa mencoba Cerave Moisturizing Cream yang telah direkomendasikan oleh dokter kulit.

Selanjutnya adalah lotion. AAD dan National Eczema Society mengatakan bahwa lotion lebih mengiritasi dan kurang efektif daripada krim dan salep untuk melembabkan kulit kering. Mark menambahkan bahwa kamu dapat menganggap lotion mirip dengan "bubuk dalam cairan" karena sifat emulsi yang lebih encer daripada krim dan salep. Namun, lotion mungkin berguna untuk melembabkan area yang berbulu pada tubuh kamu di mana produk yang konsistensi lebih tipis akan lebih mudah untuk menyebar dan dioleskan.

Perlu diingat bahwa salep dan krim adalah cara terbaik untuk menenangkan kulit kering dan sensitif, terutama dalam cuaca dingin dan kering.

Penulis: Iffah Nurahmah

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓