Sukses

Beauty

9 Rekomendasi Essential Oil untuk Kulit Jerawat

Fimela.com, Jakarta Kulit jerawat sering kali membuat perempuan tidak percaya diri. Apalagi kalau meninggalkan luka atau bekas jerawat. Jerawat bisa muncul akibat stres, hormon, genetika atau kebiasaan buruk, seperti tidak membersihkan makeup.

Untuk menghilangkan jerawat stres, Sahabat Fimela bisa berolahraga serta mengonsumsi nutrisi yang baik, dan menggunakan produk perawatan kulit yang cocok. Zaman sekarang banyak orang menggunakan essential oil untuk menghilangkan stres. Biasanya essential oil diteteskan ke diffuser, dan aromaterapi yang dikeluarkan dapat dihirup agar relaks.

Selain itu, essential oil bisa dioleskan langsung pada area jerawat, agar jerawat cepat kering. Namun sebelum mengoleskan ke wajah, campurkan essential oil dengan carrier oil. Carrier oil adalah minyak dari tumbuhan, seperti jojoba oil atau olive oilEssential oil memiliki banyak sekali jenisnya. Kali ini Fimela akan merekomendasikan essential oil untuk kulit jerawat:

Rekomendasi Essential Oil untuk Kulit Jerawat

1.Tea tree essential oil

Tea tree essential oil atau tea tree oil, sangat terkenal dengan fungsinya yang bisa menyembuhkan jerawat. Tea tree oil sering ditemukan pada kandungan produk perawatan kulit, khususnya produk perawatan kulit jerawat. Tea tree oil memiliki manfaat untuk menyembukan luka dan bekas luka, sebagai anti jamur, dan bisa membunuh bakteri penyebab jerawat. Tea tree oil juga memiliki sifat anti inflamasi, yang bisa menyembuhkan jerawat meradang.

2. Frankincense Essential Oil

Frankincense essential oil ini berasal dari pohon Boswellia, yang biasa disebut dengan minyak kemenyan. Minyak kemenyan bukan berarti minyak dari dukun, atau minyak yang berbau mistis. Frankincense essential oil ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, dan juga bisa digunakan sebagai parfum.

Francense essential oil ini bisa membantu meregenerasi sel kulit, menyembuhkan luka, dan menghilangkan bekas luka. Tidak hanya luka atau bekas jerawat saja, minyak yang satu ini bisa menyembuhkan luka akibat sayatan atau lecet. Manfaat lainnya dari frankincense essential oil, untuk menjaga keseimbangan kadar sebum pada kulit wajah.

 3. Lemongrass Essential Oil

Lemongrass essential oil merupakan minyak serai, yang merupakan jenis minyak atsiri untuk aromaterapi. Fungsi antibakteri dari lemongrass essential oil ini, bisa membantu membunuh bakteri penyebab jerawat pada kulit. Lemongrass essential oil juga memiliki fungsi sebagai anti peradangan. Sehingga bisa membantu mengatasi peradangan pada jerawat. Sebagai antioksidan, lemongrass essential oil juga bisa melawan radikal bebas yang bisa merusak sel kulit.

Rekomendasi Essential Oil untuk Kulit Jerawat

4. Lavender Essential Oil

Lavender biasanya terkenal sebagai aroma pengusir nyamuk. Ternyata lavender bisa membantu mengatasi masalah kulit jerawat. Lavender juga dikenal dengan istilah mother of oils. Karena minyak ini memiliki banyak sekali kegunaannya. Lavender essential oil memiliki aroma yang menenangkan, sehingga bisa membantu menghilangkan stress. Lavender essential oil juga bisa menyembuhkan luka dan bekas jerawat, bisa membantu meningkatkan kolagen, dan mendorong percepatan regenerasi kulit.

5. Clare Sage Essential Oil

Clare sage essential oil terbuat dari ekstrak daun dan bunga clary sage. Tanaman clary sage atau langon kleri sering digunakan untuk pengobatan. Stres dan hormon merupakan penyebab jerawat. Minyak ini bisa membantu menyeimbangkan hormonal, serta membantu meredakan stress.

Clary sage essential oil memiliki kandungan zat linalyl acetate, yang berfungsi untuk mengurangi inflamasi dan iritasi, serta dapat mengatasi jerawat. Selain membantu mengontrol produksi sebum di kulit, clary sage essential oil juga bisa meredakan sakit waktu menstruasi.

6. Geranium Essential Oil

Geranium essential oil dihasilkan dari batang, daun dan bunga tanaman geranium. Geranium essential oil memiliki kandungan antiseptik, antimikroba dan anti bakterial. Minyak ini bisa membantuk menghilangkan peradangan jerawat, dan menyamarkan luka serta bekas akibat jerawat. Geranium essential oil juga bisa mendorong pertumbuhan sel kulit yang baru.

Rekomendasi Essential Oil untuk Kulit Jerawat

7. Eucalyptus Essential Oil

Eucalyptus essential oil terbuat dari daun eucalyptus. Daun eucalyptus memiliki kandungan eucalyptol, senyawa yang bersifat antiseptik. Kandungan eucalyptol membentuk penghalang di kulit, sehingga bisa melindungi kulit dari kotoran dan kuman. Eucalyptus essential oil bisa juga bisa membantu mengatasi peradangan kulit jerawat. Selain jerawat, eucalyptus oil juga bisa menyembuhkan luka akibat sayatan atau gesekan.

8. Sandalwood Essential Oil

Sandalwood essential oil atau minyak cendana sering ditemukan pada produk kecantikan. Mulai dari produk perawatan kulit hingga parfum. Sandalwood essential oil memiliki aroma yang wangi. Selain itu minyak ini juga bisa digunakan sebagai disinfektan. Senyawa antiseptik dan anti inflamasi dalam minyak ini, bisa membantu menyembuhkan luka akibat jerawat. Sandalwood essential oil ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit.

9. Carrot Seed Essential Oil

Carrot seed essential oil memiliki kandungan vitamin A. Kandungan vitamin A bisa membantu meningkatkan produksi kolagen kulit. Kolagen sangat diperlukan kulit untuk meregenerasi sel kulit, dan juga untuk memulihkan luka akibat jerawat. Selain itu, carrot seed essential oil ini bisa membantu melembutkan kulit, dan menyamarkan bekas jerawat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading