Kenali Perbedaan Jenis Lipstik Masa Kini

Kezia Prasetya Christvidya09 Apr 2020, 20:45 WIB
lipstik-kezo

Fimela.com, Jakarta Produk makeup yang wajib dipakai perempuan adalah lipstik. Tanpa menggunakan lipstik, wajah akan terlihat pucat. Zaman sekarang lipstik tidak hanya dipakai di bibir saja, tetapi bisa digunakan untuk blush-on, dan juga untuk eyeshadow.

Seiring perkembangan jaman, jenis lipstik menjadi sangat beragam. Banyaknya jenis lipstik yang ditawarkan, membuat perempuan semakin leluasa untuk berkreasi.

Bagi perempuan, memilih jenis lipstik tentu saja tidak bisa sembarangan. Karena jenis lipstik juga berpengaruh dengan jenis bibir. Yuk kenali perbedaan jenis lipstik masa kini:

Lipstik Matte

ilustrasi lipstik matte/unsplash
ilustrasi lipstik matte/unsplash

Lipstik matte merupakan lipstik yang menjadi favorit perempuan. Lipstik matte memiliki pigmentasi yang bagus.

Biasanya lipstik matte akan tahan lama di bibir. Lipstik matte juga tidak menghasilkan warna yang berkilau. Zaman sekarang banyak lipstik matte yang berbentuk liquid. Sehingga sangat mudah mengaplikasikannya.

Lipstik matte sangat cocok digunakan untuk bibir yang tebal, dan juga lebar. Namun jenis lipstik matte ini tidak terlalu cocok untuk bibir kering. Karena tekstur lipstiknya bisa membuat jelas garis-garis bibir.  

Setelah Sahabat Fimela menggunakan lipstik matte, jangan lupa rawatlah bibir dengan menggunakan lipbalm. Agar bibir tidak mudah pecah-pecah.

Lipstik Glossy

ilustrasi lipstik glossy/unsplash
ilustrasi lipstik glossy/unsplash

Lipstik dengan hasil glossy membuat bibir menjadi tampak sehat. Karena lipstik ini memberikan efek kemilau di bibir. Lipstik glossy dapat membuat penampilan lebih fresh dan terlihat lebih muda. Lipstik glossy tidak meninggalkan hasil kering di bibir.

Biasanya lipstik glossy mengandung minyak atau pelembap. Sehingga ringan dipakai di bibir. Namun lipstik glossy ini sangat mudah menempel. Maka ketahanan lipstik glossy tidak akan selama lipstik matte.

Lipstik Satin

ilustrasi lipstik satin/unsplash
ilustrasi lipstik satin/unsplash

Lipstik satin hampir sama dengan lipstik matte. Lipstik satin memiliki hasil semi-matte. Lipstik satin memiliki tekstur yang creamy, sehingga saat dipakai di bibir akan terasa lembut.

Selain itu, lipstik satin memiliki tekstur yang lembab, namun tidak memberikan hasil full coverage. Lipstik satin ini memberikan efek kilauan di bibir, seperti lipstik glossy, dan juga tidak tahan lama.

Lipstik Sheer

ilustrasi lipstik sheer/unsplash
ilustrasi lipstik sheer/unsplash

Lipstik dengan hasil sheer adalah lipstik yang mirip dengan lipbalm. Lipstik ini memiliki warna yang natural, yang cenderung transparan. Lipstik sheer tidak memiliki pigmentasi yang kuat. Lipstik ini hanya memberikan sedikit rona warna di bibir.

Lipstik ini mengandung pelembab. Kandungan pelembab ini membuat bibir terasa segar. Lipstik sheer ini bersifat lengket dan mudah hilang. Lipstik sheer ini bisa digunakan setelah mengaplikasikan lipstik matte ke bibir.

Lipstik Creamy

ilustrasi lipstik creamy/unsplash
ilustrasi lipstik creamy/unsplash

Lipstik creamy adalah lipstik yang berbentuk krim. Lipstik ini mengandung zat lilin. Lipstik ini memberikan hasil creamy di bibir. Kandungan zat lilin pada lipstik creamy, bisa melindungi bibir dari paparan sinar matahari.

Lipstik creamy tidak membuat bibir kering, karena lipstik creamy memiliki kandungan vitamin E. Untuk ketahanan lipstik creamy lumayan tahan lama, seperti lipstik matte.

Lipstik creamy juga bisa memiliki hasil akhir matte. Setelah mengaplikasikan lipstik creamy, tempelkan tissue sebentar ke bibir agar lipstik terlihat matte.

Lip Liner

ilustrasi lip liner/unsplash
ilustrasi lip liner/unsplash

Lip liner bisa juga disebut dengan lip pencil. Lipstik yang satu ini sangat mudah dibawa kemana-mana. Karena bentuknya seperti pensil. Lip liner memiliki fungsi untuk membingkai bibir, sebelum menggunakan lipstik.

Lip liner ini bisa membuat bibir lebih ber-volume, jika dipadukan dengan penggunakan lipstik matte.

Frosty Lipstik

ilustrasi frosty lipstik/unsplash
ilustrasi frosty lipstik/unsplash

Frosty lipstik adalah lipstik dengan warna shimmer. Lipstik ini seperti lipstik metallicFrosty lipstik memiliki tekstur yang creamy. Dan memberikan kilauan glitter di bibir.

Lipstik ini pernah ng-trend pada tahun 80-an. Karena lipstik ini memberikan hasil yang glamour. Panggunaan frosty lipstik ini membuat bibir menjadi kering. Sehingga, aplikasikan lipbalm sebelum menggunakan lipstik frosty.

Lip Tint

ilustrasi lip tint/unsplash
ilustrasi lip tint/unsplash

Jenis lipstik lip tint adalah lipstik yang sangat populer di Korea. Lip tint ini memberikan warna alami pada bibir. Lip tint ini memiliki hasil seperti tattoo. Jadi setelah mengaplikasikan lip tint, warna lip tint tidak akan mudah hilang. Lip tint ini memiliki tekstur cair, yang memiliki aplikator seperti kuas.

Lip Crayon

ilustrasi lip crayon/unsplash
ilustrasi lip crayon/unsplash

Lip crayon hampir sama dengan lip liner. Namun ujung dari lip crayon ini tidak runcing, tidak seperti pensil. Lip crayon memiliki kandungan pelembab. Sehingga tidak membuat bibir kering. Selain untuk membingkai bibir, lip crayon juga bisa digunakan untuk full lipstik.

Lip crayon memiliki pigmentasi yang kuat, dan juga tahan lama. Lip crayon bisa digabungkan dengan lipstik matte.

Lanjutkan Membaca ↓