Serba-Serbi Lemon yang Bermanfaat untuk Kulit

Fimela Editor22 Apr 2020, 11:30 WIB
air lemon

Fimela.com, Jakarta Buah-buahan seringkali menjadi bahan makanan pembuka, dicampurkan dengan salad, digunakan dalam teh, meminumnya sebagai jus, ataupun memakan buah itu secara langsung. Seperti yang diketahui, buah sangat memiliki manfaat yang baik untuk tubuh kamu. Salah satunya buah lemon yang kaya akan vitamin C dan asam sitrat. Lemon tidak hanya bekerja saat diolah menjadi makanan ataupun minuman. Tetapi, lemon juga akan bekerja dengan sangat baik pada kulit kamu.

Lemon dapat digunakan untuk mengobati beberapa kondisi kulit salah satunya jerawat. Hal ini dikarenakan, lemon bersifat asam dan dapat membantu mengurangi peradangan dan minyak, terutama jika kamu cenderung memiliki kulit yang berminyak. Selain itu, lemon juga merupakan jenis asam alfa hidroks yang dapat digunakan untuk memecah sel kulit mati. Tidak hanya itu, didalamnya terkandung sifat antimikroba yang dapat berguna untuk menjaga bakteri jerawat tetap terkontrol. Namun, apakah lemon hanya bermanfaat untuk kamu yang memiliki jenis kulit berminyak?

Melansir dari thelist.com, buah Lemon mengandung antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas, meningkatkan produksi kolagen dan menjadi pencerah kulit yang baik karena kaya akan vitamin C. Tidak hanya dapat mencerahkan kulit wajah kamu, buah juga dapat mencerahkan bagian siku dan lutut kamu.

Manfaat lemon untuk kulit

Tak cuma wajah, lemon juga bisa dipakai merawat rambut sampai ketiak
Manfaat lemon ternyata tak sebatas mencerahkan wajah saja. (Foto: unsplash.com)

Namun, perlu kamu ingat bahwa buah lemon juga memiliki risiko jika digunakan secara berlebihan ataupun pemakain yang kurang tepat. Karena bersifat asam, lemon dapat mengiritasi kulit kamu sehingga tampak kering, kemerahan, dan mengelupas. Lemon juga dapat menyebabkan phytophotodermatitis, yaitu suatu kondisi yang dapat dipicu ketika kamu mengekspos diri pada sinar UV setelah memiliki sitrus pada kulit. Kombinasi ini menyebabkan peradangan yang membuat kulit membengkak, kemerahan, atau bahkan melepuh.

Ada baiknya untuk kamu mengaplikasika produk perawatan wajah yang mengandung lemon dimalam hari sebelum tidur. Gunakanlah dalam skala kecil untuk melihat apakah kulit kamu cocok atau tidak menggunakan lemon sebagai rutinitas perawatan kamu. Jika kamu memiliki kulit yang sangat sensitif, ada baiknya untuk konsultasikan dulu kepada dokter kulit.

Penulis: Zhafira Majdina

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓