Cara Merawat Rambut yang Keriting

Kezia Prasetya Christvidya18 Apr 2020, 16:05 WIB
rambut-kezo

Fimela.com, Jakarta Memiliki rambut keriting merupakan sebuah anugrah yang bisa disyukuri. Rambut keriting juga memiliki keunikan, yang bisa membuat daya tarik tersendiri.

Rambut keriting memiliki bentuk yang unik, dan biasanya rambut keriting itu agak susah untuk diatur. Rambut keriting ternyata memiliki banyak keuntungan, seperti tidak perlu menyisir rambut, rambut keriting tetap indah dipandang.

Agar rambut keritingmu terlihat semakin bagus dan cantik, yuk simak cara merawat rambut yang keriting:

Kurangi Penggunaan Sampo, Gunakan Conditioner

ilustrasi rambut keriting/unsplash
ilustrasi rambut keriting/unsplash

Untuk merawat rambut yang keriting, sangat memerlukan minyak alami pada rambut. Sampo memiliki kandungan sodium laureth sulfate, atau yang biasa disebut dengan detergen. Kandungan detergen yang ada pada sampo bisa membuat rambut menjadi kasar, dan juga membuat rambut kehilangan minyak alami.

Minyak alami pada rambut bisa membuat rambut menjadi lembab, lebih berkilau dan juga tidak kering. Sampo bisa digunakan kira-kira seminggu tiga kali saja, atau dipakai dua hari sekali. Setelah itu, jangan lupa gunakan conditioner, agar kelembaan rambut tetap terjaga.

Gunakan rambut yang mengandung minyak kelapa, dan jangan gunakan conditioner yang mengandung silicone. Kandungan minyak kelapa yang ada pada conditioner, bisa membuat rambut lebih indah dan berkilau.

Jangan Menggunakan Handuk untuk Menggosok Rambut

ilustrasi rambut kering/unsplash
ilustrasi rambut kering/unsplash

Rambut keriting ngga tidak boleh sering digosok. Karena kalau sering digosok akan membuat rambut keriting menjadi kering. Setelah dikeramas, tempelkan anduk di rambut. Cukup ditempelkan saja untuk mengurangi air yang menetes.

Biar rambut keriting kering secara alami. Jika ingin cepat kering, gunakanlah kaos untuk mengeringkan rambut. Rambut keriting bisa dikeringkan menggunakan diffuser, agar panas rambut lebih merata, dan membuat rambut tidak terlihat kusut.

Gunakan Tangan untuk Menata Rambut

ilustrasi rambut keriting/unsplash
ilustrasi rambut keriting/unsplash

Rambut kering bisa ditata dengan gaya rambut messy hair, atau yang biasa disebut dengan gaya rambut semi berantakan. Sebenarnya rambut keriting lebih mudah ditata. Rambut keriting bisa ditata menggunakan jari tangan saja.

Menyisir rambut keriting menggunakan tangan, bisa membantu menghindari rambut kering. Menyisir rambutnya bisa diikuti searah dengan gelombang rambut. Bagi yang tidak menyukai gaya rambut yang berantakan, gunakanlah sisir yang bergigi jarang, untuk menyisir rambut keriting.

Jangan Menggunakan Produk Beralkohol

ilustrasi rambut keriting/unsplash
ilustrasi rambut keriting/unsplash

Kandungan alkohol bisa menyerap kandungan air yang ada disekitar rambut. Penggunaan alkohol juga bisa membuat rambut keriting menjadi kering. Gunakanlah produk-produk yang tidak mengandung alkohol, untuk menata rambutmu, agar penampilan terlihat maksimal dan cantik.

Produk alkohol biasa ditemukan di hairspray, atau beberapa bahan lainnya. Sehingga sebelum menggunaan produk, cek terlebih dahulu untuk melihat kandungan dan tanggal kadaluarsanya.

Rawat Pakai Minyak Zaitun

ilustrasi rambut keriting/unsplash
ilustrasi rambut keriting/unsplash

Minyak zaitun merupakan bahan yang bagus digunakan untuk merawat rambut. Minyak zaitun bisa membuat rambur menjadi lembab dan mudah diatur. Minyak zaitun bisa dioleskan secukupnya ke rambut sebelum tidur, atau beberapa jam sebelum mandi.

Minyak zaitu memiliki kandungan vitamin E dan vitamin K. Minyak zaitun juga mengandung elemen kimia seperti asam oleat, asam palmitat dan squalene. Selain bisa membantu membabkan rambut, minyak zaitun memiliki manfaat untuk menghilangkan ketombe di rambut.

Rajin Menggunakan Masker Rambut

ilustrasi rambut keriting/unsplash
ilustrasi rambut keriting/unsplash

Merawat rambut keriting tidak semudah rambut lurus. Jenis rambut yang keriting sangat mudah untuk mengembang. Merawat rambuh keriting harus memerlukan kesabaran dan ketelatenan, agar mendapatkan hasil rambut yang indah dan rapi.

Cara merawat rambut keriting yang paling penting dilakukan adalah harus rajin menggunakan masker rambut. Masker rambut memiliki banyak manfaat untuk membantu mengatasi masalah rambut.

Gunakan masker rambut setiap seminggu sekali, agar rambut keriting mudah diatur, lembab dan juga lebih berkilau.

Rajin Menggunakan Vitamin Rambut

ilustrasi rambut keriting/unsplash
ilustrasi rambut keriting/unsplash

Rambut keriting adalah rambut yang mudah kering. Rambut yang kering akan sangat mudah untuk diatur. Merawat rambut keriting harus diberikan nutrisi yang cukup, agar rambut mudah diatur.

Vitamin rambut yang mengandung vitamin E, merupakan solusi yang tepat untuk menjaga kelembapan rambut. Vitamin rambut bisa digunakan pada saat setelah keramas. Gunakan vitamin rambut pada saat kondisi rambut setengah kering. Pastikan semua ujung rambut terkena vitamin.

 

Lanjutkan Membaca ↓