Sukses

Beauty

Ketahui Penyebab Uban Tumbuh di Usia Muda

Fimela.com, Jakarta Uban identik dengan kesan tua. Padahal, banyak yang mengalami tumbuhnya uban di usia muda. Helaian rambut putih ini tak selalu berhubungan dengan umur. Banyak hal yang menyebabkan uban tumbuh. Penasaran faktor apa saja? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Faktor genetika

Uban juga kerap tumbuh karena fator genetika. Jika orang tua merupakan tipe yang memliki banyak uban sejak usia muda, maka kemungkinan besar kamu juga akan mengalaminya.

2. Stres

Faktor lainnya yang menyebabkan munculnya uban adalah stres. Mengingat setiap orang memiliki toleransi stres yang berbeda-beda, maka hal ini bisa mempengaruhi tubuh, dan salah satunya dengan munculnya uban. 

Penyebab timbulnya uban di usia dini

3. Kelainan autoimun

Kelainan autoimun juga bisa menyebabkan uban tumbuh di usia muda. Penyakit yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh ini bisa menyerang sel-sel tubuh. Hal ini serupa dengan vitillgo, alopecia. Dan bisa mempengaruhi uban akibat hilangnya pigmen pada rambut yang membuat warnanya jadi berubah.

4. Kekurangan vitamin B-12

Kekurangan vitamin B-12 juga bisa mempengaruhi timbulnya uban. Vitamin B-12 berperan dalam memberi energi sekaligus meningkatkan pertumbuhan rambut agar sehat dan kuat.

5. Faktor lingkungan

sedangkan agresi lingkungan seperti efek radikal bebas juga bisa menimbulkan tumbuhnya uban di usia dini. Salah satu yang nyata adalah rokok. Selain buruk bagi kesehatan tubuh, rokok juga mempengaruhi kondsi rambut. Oleh sebab itu, rokok bisa menyebabkan tersumbatnya aliran darah ke folikel rambut sehingga menyebabkan kerontokan serta uban.

 

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading