6 Tips Menjaga Kulit Kering Tetap Cerah saat Puasa

Kezia Prasetya Christvidya10 Mei 2020, 08:45 WIB
skincare-kezo

Fimela.com, Jakarta Pada saat puasa, biasanya kulit akan lebih kusam dan kering. Karena kurangnya asupan cairan dalam tubuh bisa membuat kulit menjadi dehidrasi.

Agar tidak dehidrasi, kulit juga harus dirawat secara khusus agar tetap cerah, saat menjalankan ibadah puasa. Kulit kusam juga bisa disebabkan karena pola tidur yang tidak teratur, karena pada saat puasa, harus bangun subuh untuk melakukan sahur.

Agar kulit tetap cerah, Fimela memiliki 6 tips menjaga kulit kering tetap cerah saat puasa, yang sudah dirangkum dari liputan6.com:

Mengonsumsi Air Putih

ilustrasi mengonsumsi air putih untuk kulit kering saat puasa/pexels
ilustrasi mengonsumsi air putih untuk kulit kering saat puasa/pexels

Kulit kusam bisa disebabkan karena kulit dehidrasi, karena kurangnya asupan cairan pada tubuh, pada saat bulan puasa. Tips menjaga kulit tetap cerah saat puasa adalah mengonsumsi air putih. Usahakan untuk mengonsumsi air putih, agar kebutuhan cairan tercukupi saat puasa.

Minumlah 4 gelas saat sahur, dan 4 gelas pada saat buka puasa, agar asupan cairan terpenuhi. Jangan meminum minuman berkarbonasi, apalagi yang mengandung banyak gula atau minuman beralkohol, seperti minuman bersoda.

Kurangi juga mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, karena dapat menyebabkan dehidrasi, terlebih bisa mengakibatkan penuaan dini.

Konsumsi Makanan Bergizi

ilustrasi mengonsumsi makanan bergizi saat puasa/pexels
ilustrasi mengonsumsi makanan bergizi saat puasa/pexels

Tips menjaga kulit tetap cerah saat puas adalah mengonsumsi makanan kaya akan serat. Mengonsumsi makanan kaya serat, bisa membantu kulit menjadi sehat. Selain mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, konsumsilah makanan yang mengandung antioksidan, seperti buah-buahan atau sayur-sayuran.

Pastikan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, vitamin C dan vitamin D, karena vitamin tersebut baik untuk kulit. Pilihlah buah-buahan yang banyak mengandung air, karena dapat memberikan nutrisi untuk kulit, dan membantu kulit menjadi cerah.

Mencuci Wajah Secara Teratur

ilustrasi mencuci wajah untuk kulit cerah/pexels
ilustrasi mencuci wajah untuk kulit cerah/pexels

Untuk menjaga kulit tetap cerah, usahakan tetap mencuci wajah secara teratur, walaupun hanya di rumah saja. Membersihkan wajah secara teratur, bisa membantu menghilangkan kotoran, dan mencegah bakteri serta menjaga kesehatan kulit.

Cucilah wajah pada bangun tidur, setelah menggunakan kosmetik, dan malam hari setelah tidur. Gunakan pencuci wajah yang cocok dengan kondisi kulit, jangan menggunakan pembersih wajah yang mengandung alkohol, atau yang mengandung detergen.

Gunakan Pelembap dan Tabir Surya

ilustrasi pelembab kulit kering/pexels
ilustrasi pelembab kulit kering/pexels

Menggunakan pelembap dan tabir surya, bisa membantu mencerahkan kulit, pada saat bulan puasa. Pelembap bisa membantu menghidrasi kulit, selama tubuh tidak mengonsumsi cairan, serta mencegah tanda-tanda penuaan dini.

Gunakan pelembap yang sesuai dengan masalah jenismu. Gunakan secara rutin pada pagi, siang dan malam hari. Selain itu walaupun di rumah saja, gunakanlah tabir surya dengan minimal SPF 15, agar terhindar dari paparan sinar matahari yang masuk ke dalam rumah.

Rajin Menggunakan Masker Wajah

ilustrasi masker wajah untuk kulit cerah/pexels
ilustrasi masker wajah untuk kulit cerah/pexels

Rajin menggunakan masker wajah secara teratur, merupakan tips menjaga kulit cerah, pada saat bulan puasa berikutnya. Masker wajah dapat membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat, dan kulit akan terasa lebih halus, serta membuat kulit terlihat lebih bercahaya.

Masker berperan untuk membantu mengangkat sel kulit mati, membantu meregenerasi kulit, dan juga membantu melancarkan sirkulasi darah. Masker bisa digunakan setiap seminggu 2 kali, atau sesuai dengan kebutuhan kulit. Gunakanlah jenis masker sesuai dengan kebutuhan masalah kulitmu.

Istirahat yang Cukup

ilustrasi tidur saat puasa/pexels
ilustrasi tidur saat puasa/pexels

Menjaga istirahat cukup bisa membantu menjaga kesehatan kulit, serta membantu mencerahkan kulit, pada saat bulan puasa. Namun pada saat puasa, waktu istirahat akan berkurang, karena harus terbangun untuk sahur.

Maka dari itu, hindari untuk begadang atau tidur terlalu larut malam. Agar kulit tidak kusam. Tidak cukup tidur bisa membuat kulit menjadi tampak lelah, dan mengalami penuaan dini, terutama akan nampak garis halus dan kantung mata menggelap.

 

Lanjutkan Membaca ↓