Sukses

Beauty

6 Tips Menjaga Kulit Kering Tetap Cerah saat Puasa

Fimela.com, Jakarta Pada saat puasa, biasanya kulit akan lebih kusam dan kering. Karena kurangnya asupan cairan dalam tubuh bisa membuat kulit menjadi dehidrasi. Kondisi ini akan membuat seseorang merasa kurang percaya diri.

Agar tidak dehidrasi, kulit juga harus dirawat secara khusus agar tetap cerah. Walaupun sedang menjalankan ibadah puasa, Sahabat Fimela tidak boleh malas untuk merawat kulit. Kulit kusam juga bisa disebabkan karena pola tidur yang tidak teratur, karena pada saat puasa, harus bangun subuh untuk melakukan sahur.

Skincare yang bisa digunakan untuk melembapkan dan mencerah kulit adalah yang memiliki kandungan brigthening agents. Tak hanya menggunakan skincare saja, ada baiknya untuk mengubah pola hidup menjadi lebih baik. Agar kulit tetap cerah, Fimela memiliki 6 tips menjaga kulit kering tetap cerah saat puasa:

Tips Menjaga Kulit Kering Tetap Cerah saat Puasa

1. Mengonsumsi Air Putih

Kulit kering dan kusam bisa disebabkan karena kulit dehidrasi, akibat kurangnya asupan cairan pada tubuh saat bulan puasa. Tips menjaga kulit tetap cerah saat puasa adalah mengonsumsi air putih. Usahakan untuk mengonsumsi air putih, agar kebutuhan cairan tercukupi saat puasa.

Minumlah 4 gelas saat sahur, dan 4 gelas pada saat buka puasa, agar asupan cairan terpenuhi. Jangan meminum minuman berkarbonasi, apalagi yang mengandung banyak gula atau minuman beralkohol, seperti minuman bersoda. Kurangi juga mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, karena dapat menyebabkan dehidrasi, terlebih bisa mengakibatkan penuaan dini.

2. Konsumsi Makanan Bergizi

Konsumsi makanan kaya serat untuk membantu kulit menjadi sehat. Selain mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, konsumsilah makanan yang mengandung antioksidan, seperti buah-buahan atau sayur-sayuran. Pastikan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, vitamin C dan vitamin D, karena vitamin tersebut baik untuk kulit. Pilihlah buah-buahan yang banyak mengandung air, karena dapat memberikan nutrisi untuk kulit, dan membantu kulit menjadi cerah.

3. Mencuci Wajah Secara Teratur

Untuk menjaga kulit tetap cerah, usahakan tetap mencuci wajah secara teratur. Saat mencuci wajah, maka dapat menghilangkan kotoran, dan mencegah bakteri serta menjaga kesehatan kulit. Cucilah wajah pada bangun tidur, setelah menggunakan kosmetik, dan malam hari setelah tidur. Gunakan pencuci wajah yang cocok dengan kondisi kulit, jangan menggunakan pembersih wajah yang mengandung alkohol, atau yang mengandung detergen.

Tips Menjaga Kulit Kering Tetap Cerah saat Puasa

4. Gunakan Pelembap dan Sunscreen

Menggunakan pelembap dan tabir surya, bisa membantu mencerahkan kulit. Pelembap bisa membantu menghidrasi kulit, selama tubuh tidak mengonsumsi cairan, serta mencegah tanda-tanda penuaan dini. Gunakan pelembap yang sesuai dengan masalah jenismu. Gunakan secara rutin pada pagi, siang dan malam hari. Selain itu, gunakanlah tabir surya dengan minimal SPF 30 dan ulangi penggunaan setiap 4 jam sekali.

5. Gunakan Masker Wajah

Masker wajah dapat membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat, dan kulit akan terasa lebih halus, serta membuat kulit terlihat lebih bercahaya. Masker berperan untuk membantu mengangkat sel kulit mati, membantu meregenerasi kulit, dan juga membantu melancarkan sirkulasi darah. Masker bisa digunakan setiap seminggu 2 kali, atau sesuai dengan kebutuhan kulit. Gunakanlah jenis masker sesuai dengan kebutuhan masalah kulitmu.

6. Istirahat yang Cukup

Terakhir, jaga istirahat cukup untuk membantu menjaga kesehatan kulit, serta membantu mencerahkan kulit, pada saat bulan puasa. Namun pada saat puasa, waktu istirahat akan berkurang, karena harus terbangun untuk sahur. Maka dari itu, hindari untuk begadang atau tidur terlalu larut malam. Agar kulit tidak kusam. Tidak cukup tidur bisa membuat kulit menjadi tampak lelah, dan mengalami penuaan dini, terutama akan nampak garis halus dan kantung mata menggelap.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading