4 Manfaat Vitamin D untuk Kulit

Annissa Wulan11 Mei 2020, 12:30 WIB
kulit cantik

Fimela.com, Jakarta Tahukah kamu manfaat dari vitamin D? Mengapa sekarang kita dianjurkan untuk berjemur di pagi hari?

Vitamin D adalah jenis vitamin yang larut dalam lemak dan salah satu yang paling penting untuk fungsi biologis. Kulit adalah cadangan alami penting untuk memproduksi vitamin D yang dipicu oleh sinar UV ke dalam sintesis.

Usus dan kulit adalah 2 sumber utama vitamin D yang kemudian dikategorikan dalam 2 bentuk, yaitu vitamin D3 di kulit ddan D2, serta D3 di usus. Kurangnya paparan sinar matahari dan pola makan yang buruk adalah 2 alasan paling umum mengapa kamu kekurangan vitamin D, seperti dilansir dari byrdie.com, Selasa (12/5/2020).

 

Kebutuhan vitamin D setiap orang berbeda

Tips cantik
Ilustrasi makeup/copyright shutterstock

Kemampuan seseorang memproduksi vitamin D juga tergantung pada warna kulit, jenis kelamin, indeks massa tubuh, aktivitas fisik, asupan alkohol, dan polimorfisme reseptor vitamin D itu sendiri. Makanan seperti susu, salmon, telur, dan jamur adalah sumber vitamin D yang bisa kamu konsumsi.

Kekurangan vitamin D juga dikaitkan dengan fungsi kekebalan tubuh yang buruk, peningkatan peradangan, dan penurunan sensitivitas insulin yang berdampak buruk pada kulit. Fungsi kekebalan tubuh yang buruk dapat melemahkan penghalang kulit, meningkatkan kekeringan, dan kemungkinan infeksi.

Peningkatan peradangan dapat memperburuk kondisi seperti jerawat, eksim, dan rosacea. Sedangkan sensitivitas insulin dikaitkan dengan diabetes.

Manfaat vitamin D

Kecantikan
Ilustrasi kecantikan/copyright shutterstock

Vitamin D juga bisa kamu konsumsi dalam bentuk suplemen oral, minyak, dan pelembap. Fungsi utama vitamin D adalah menjaga keseimbangan kalsium dalam tubuh dan ini beberapa manfaat lainnya.

1. Mengurangi peradangan

Vitamin D pada kulit berfungsi sebagai anti inflamasi ringan hingga sedang. Vitamin D dalam bentuk krim dapat mengatasi beberapa kondisi, seperti psoriasis, eksim, dan vitiligo.

2. Melindungi kulit

Vitamin D juga berfungsi sebagai steroid, bekerja di dalam inti sel untuk merangsang proliferasi, mengatur fungsi, dan menstabilkan gen.

3. Mengurangi kerusakan lingkungan

Vitamin D memiliki sifat antioksidan yang dapat menghentikan oksidan lingkungan yang merusak kulit dan menyebabkan penuaan dini.

4. Menormalkan pergantian sel

Vitamin D telah terbukti dapat menormalkan pergantian sel dan mencegah penumpukan sel-sel mati pada permukaan kulit yang mengarah pada plak psoriasis.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓