Terlalu Banyak Menangis Justru Mempercantik Kulit Wajah

Karla Farhana13 Mei 2020, 19:30 WIB
[Fimela] menangis

Fimela.com, Jakarta Menangis merupakan luapan emosi. Kadang, kamu justru merasa lebih baik setelah menangis. Meski tidak menyelesaikan masalah, penting sekali untuk mengeluarkan emosi negatif yang ada dalam dirimu. 

Tapi, jangan terlalu berlebihan, ya. Hal ini tidak baik untuk  kesehatan mental karena berlarut-larut dalam kesedihan untuk waktu yang terlalu panjang. Namun, ternyata air mata yang menetes pada pipi memiliki manfaat lain untuk kulit wajah. 

Kepada Hello Giggles, dermatologis dan pendiri 5th Avenue Aesthetics mengatakan kalau area bawah mata akan membengkak. Begitu pula dengan keseluruhan wajah. Hal ini terjadi karena kandungan garam di dalam air mata yang menetes di pipi mengakibatkan pembengkakan tersebut.

Biasanya, air mata mengandung air, racun, lisozim, garam, lipid. Menurut Hayag, lysozyme merupakan enzim yang membantu area mata terhindar dari bakteri. Termasuk pada kulit

Mengurangi Jerawat

ilustrasi kulit jerawat/pexels
ilustrasi kulit jerawat/pexels

Jadi, secara teori, kandungan lysozyme juga dapat membunuh dan mencegah adanya bakteri pada kulit wajah yang menjadi penyebab munculnya jerawat. 

Sementara, kandungan garam di dalam air mata juga bisa membuat kulitmu menjadi lebih kering. Hal ini, secara teori, baik untuk kulit yang cenderung berminyak. 

Namun, mengenai apakah air mata bisa menjadi obat jerawat atau pencegahan, hal ini masih perlu dukungan penelitian yang kuat. 

#Changemaker

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓