Tips Mengatasi Jerawat yang Tumbuh karena Nonstop Pakai Masker

Annissa Wulan13 Mei 2020, 18:30 WIB
ilustrasi menyembuhkan jerawat/shutterstock

Fimela.com, Jakarta Jerawat bisa disebabkan oleh banyak, termasuk pemakaian masker wajah terus menerus. Ya, masker menjadi hal wajib untuk digunakan jika kamu harus keluar rumah saat ini, namun pemakaian masker ini juga bisa memicu munculnya jerawat.

Menurut Patricia Wexler, seorang ahli bedah kulit di New York, jerawat yang muncul di area dagu biasanya disebabkan oleh hormon dan cenderung mulai tumbuh ketika kamu memasuki masa menstruasi. Selama masa menstruasi, perubahan hormon juga berpengaruh meningkatkan kelenjar minyak dan inilah akhirnya yang menyebabkan pori-pori tersumbat.

Stres adalah faktor lain yang dapat berkotribusi pada munculnya jerawat di area dagu, karena kortisol dapat menghasilkan minyak berlebih. Sedangkan pemakaian masker wajah terus menerus tentu akan menciptakan panas dan kelembapan di area dagu yang akhirnya menyebabkan iritasi dan jerawat.

 

 

Tips mengatasi masalah kulit berjerawat akibat penggunaan masker terus menerus

ilustrasi jerawat/shutterstock
ilustrasi jerawat/shutterstock

Gesekan masker pada kulit juga menjadikan kulit lebih sensitif. Sangat penting untuk langsung mencuci muka sebelum dan setelah menggunakan masker.

Selain itu, kamu pasti sudah tahu bahwa masker harus dicuci setiap kali dipakai. Sebaiknya, jangan menggunakan makeup ketika kamu harus menggunakan masker.

Makeup dapat membawa bakteri dan meningkatkan risiko bakteri tersebut tumbuh di lingkungan yang lembap, terutama jika kamu harus menggunakan masker terus menerus. Jika kulitmu rentan berjerawat, gunakan produk yang mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida.

Tips mengatasi masalah kulit berjerawat akibat penggunaan masker terus menerus

Jerawat
Ilustrasi jerawat/copyright shutterstock

Di malam hari, kamu bisa mencoba menggunakan clay mask atau retinol untuk membersihkan pori-pori tersumbat. Produk untuk kulit berjerawat terkadang dapat mengeringkan kulit, sehingga pastikan kamu membersihkan dan melembapkannya dengan baik.

Gunakan pelembap non komedogenik untuk mencegah kondisi kulit memburuk. Jika setelah melakukan semua saran di atas, kondisi kulitmu tidak membaik, segera bicara dengan dokter kulit.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓