Sukses

Beauty

7 Cara Merawat Mata Agar Tetap Indah dan Sehat Saat Lebaran

Fimela.com, Jakarta Mata adalah alat indera yang sangat bernilai. Mata harus tetap dijaga dan dirawat, agar tetap indah dan sehat saat lebaran tiba.

Beberapa faktor bisa memicu kerusakan pada mata, seperti pikiran stres yang memicu keriput, mata bengkak dan mata kemerahan akibat iritasi. Merawat mata agar tetap indah dan sehat, tidak perlu menggunakan cara yang sudah ataupun mahal. Cara merawat mata bisa dilakukan dengan mudah.

Berikut 7 cara merawat mata, agar tetap indah dan sehat saat lebaran, yang sudah dirangkum dari beberapa sumber:

Mengonsumsi Makanan Bergizi

Cara merawat mata yang pertama, agar mata tetap indah dan sehat saat lebaran, Sahabat Fimela bisa mengonsumsi makanan bergizi. Makanan yang mengandung vitamin, mineral dan protein, bisa membantu menjaga kesehatan mata.

Sahabat Fimela juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan, untuk mencegah kerusakan mata, yang disebabkan oleh radikal bebas. Konsumsilah sayuran hijau seperti brokoli, bayam dan wortel, serta konsumsi buah-buahan untuk menjaga kesehatan mata.

Gunakan Kaca Mata

Cara merawat mata yang selanjutnya, bisa menggunakan kaca mata, agar mata terhindar dari kemasukan debu atau kotoran. Jika pergi pada siang hari, gunakanlah kaca mata hitam, untuk melindungi mata dari radiasi sinar matahari.

Mata yang terkena sinar matahari, bisa membuat kornea mata rusak, dan membuat mata silau. Jika pergi malam hari menggunakan motor, gunakanlah kaca mata yang bening, untuk menghindari mata kemasukan hewan kecil yang merusak mata.

Hindari Menggosok Mata

Cara merawat mata yang selanjutnya sangat mudah. Sahabat Fimela hanya perlu menghindari menggosok atau memegang mata, agar mata tetap indah dan sehat saat lebaran. Jika menggosok mata terlalu sering, setelah mata kemasukkan kotoran, bisa membuat mata menjadi infeksi.

Mata yang sudah terinfeksi, bisa mengganggu penglihatan, karena bisa membuat penglihatan menjadi buram. Lebih baik segera cuci mata, gunakan obat tetes mata, atau langsung konsultasikan kepada dokter.

Menggunakan Masker Mata

Cara merawat mata yang berikutnya, bisa menggunakan masker mata secara rutin, agar mata terlihat lebih indah dan sehat pada saat lebaran. Rawat mata, dengan menggunakan masker mata alami, atau masker mata yang sudah dibuat oleh pabrik. Menggunakan masker mata, bisa membantu menghilangkan kerutan pada kantung mata, dan mengurangi kantung mata yang menggelap.

Ada banyak masker mata alami yang bisa digunakan seperti masker timun, masker mata kantong hijau, atau menggunakan masker mata dengan kentang. Jika menggunakan masker mata buatan pabrik, gunakan masker mata yang mengandung vitamin E dan vitamin C, agar kantung mata tetap sehat dan cantik saat lebaran.

Menggunakan Krim Mata

Cara merawat mata yang mudah, bisa menggunakan krim mata secara rutin, agar mata terlihat lebih indah dan sehat pada saat lebaran. Krim mata bisa membantu menghindarkan keriput, dan kantung mata yang gelap, yang diakibatkan karena penuaan dini.

Krim mata bisa digunakan sebagai pelembap mata, yang harus rutin digunakan pada malam hari, untuk membantu merawat mata. Jika ingin merawat mata dengan krim mata, belilah krim mata di toko online atau offline, dan bisa dibeli dengan harga yang terjangkau.

Jangan Bekerja di Ruang Gelap

Untuk merawat mata tetap indah dan sehat saat lebaran, hindari bekerja di rungan yang gelap, karena bisa merusak lensa mata. Pada saat bekerja atau belajar, usahakan gunakan lampu duduk yang terang, yang lebih terang dari lampu ruangan.

Setelah menatap layar komputer yang terang, usahakan untuk beristirahat sebentar, dan arahkan mata untuk menatap pemandangan luar. Walaupun harus bekerja di ruangan yang terang, Sahabat Fimela juga harus menghindari bekerja di tempat yang terpapar sinar matahari, karena bisa membuat mata silau.

Bersihkan Kosmetik Mata

Cara merawat mata yang terakhir, bersihkan kosmetik mata yang disudah digunakan seharian sampai bersih, agar mata tetap indah dan sehat saat lebaran. Kosmetik memiliki kandungan kimia, yang bisa membuat penuaan dini pada mata, dan membuat kulit area mata menggelap. Untuk itu, setelah merias mata, usahakan bersihkan kosmetik hingga bersih.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading