Sukses

Beauty

Sayangi Kulit Selama Berpuasa, Ini Perawatan yang Tepat dari Sahur hingga Berbuka

Fimela.com, Jakarta Saat berpuasa, bukan hanya tubuh yang tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman dari Subuh hingga waktu berbuka tiba. Kulit juga menjadi bagian tubuh yang merasakan dampaknya, lho. Kulit yang mengalami dehidrasi bisa menunjukkan beberapa tanda, seperti bersisik, kasar, kusam, hingga kencang dan gatal-gatal. Jika dibiarkan begitu saja, pastinya bisa mempengaruhi penampilan.

Jangan biarkan kulit mengalami kondisi tersebut. Mumpung Ramadan kali ini lagi di rumah aja, saatnya tunjukkan rasa sayang pada kulit lewat perawatan tepat yang bisa kamu lakukan dari sahur hingga berbuka. Apa saja?

Awali Sahur dengan Minum Air Putih

Saat sahur, hal pertama yang wajib dilakukan adalah minum air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Hindari minum teh atau kopi saat sahur, karena kedua jenis minuman tersebut tergolong dalam zat diuretik yang bisa mendorong tubuh mengeluarkan cairan. Jika hal ini terjadi selama puasa, kamu bisa mengalami risiko dehidrasi, lho. Jika air putih terasa hambar saat sahur, kamu bisa menggantinya dengan infused water dengan potongan buah agar lebih segar saat diminum.

Konsumsi Makanan untuk Kesehatan Kulit

Sahur menjadi salah satu waktu makan yang krusial karena bertugas memenuhi asupan yang dibutuhkan tubuh selama berpuasa. That’s why, penting banget memperhatikan makanan yang dikonsumsi di waktu sahur.

Selain asupan protein sebagai sumber energi, pastikan penuhi juga kebutuhan nutrisi kulit misalnya lewat konsumsi sayur-sayuran seperti wortel yang menjadi sumber vitamin A untuk memproduksi kolagen, tomat yang mengandung lycopene untuk menjaga kulit dari radiasi sinar matahari, atau paprika yang juga kaya vitamin C untuk membentuk kolagen. Selain itu, ikan yang mengandung Omega 3 seperti salmon juga dapat menutrisi kulit dan mencegah efek inflamasi yang bisa terjadi.

Olahraga Ringan Selama Berpuasa, Why Not?

Siapa bilang puasa nggak bisa olahraga? Justru latihan fisik ringan secara teratur juga dapat menjaga kesehatan kulit dengan meningkatkan sirkulasi darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke permukaan kulit. Selain itu, keringat yang keluar setelah berolahraga membawa keluar racun dalam kulit, menjadikan kulit tampak cerah, segar dan bebas dari kusam.

Tapi, perhatikan waktu yang tepat untuk olahraga selama puasa. Sesuaikan dengan kemampuan diri, apakah itu sehabis sahur atau sebelum berbuka. Hindari juga olahraga berlebihan yang justru bisa berisiko terhadap kesehatan tubuh.

Jaga Kelembapan Kulit Saat Berpuasa dengan Produk yang Tepat

Selain memperhatikan makanan saat sahur dan olahraga, penting juga untuk melakukan perawatan kulit dengan produk yang tepat. Cantiknya kulitmu merupakan anugerah yang harus dijaga sebaik-baiknya, salah satunya dengan memilih produk perawatan kulit yang tepat seperti NIVEA Extra White Body Serum Hijab Cooling. Produk ini membantu cerahkan kulit dengan kandungan vitamin C, lengkap dengan UV Filter yang melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.

 

Selain itu, body serum ini juga memberikan efek instant cooling sensation saat digunakan. Teksturnya yang ringan mudah menyerap ke kulit, tanpa meninggalkan sensasi lengket sehingga membuatmu tetap nyaman beraktivitas, meskipun di tengah cuaca yang panas.

Lengkapi juga perawatan kulit dengan NIVEA Whitening Hijab Fresh Deo. Sama dengan body serum, produk dari NIVEA yang khusus diformulasikan untuk hijabers ini juga ampuh mencerahkan kulit ketiak dengan kandungan aktif Vitamin C di dalamnya.

 

Badan pun terasa segar seharian dan bebas bau badan berkat kesegaran ekstrak bunga sakura yang tahan lama. Mengandung 0% alkohol yang lembut bagi kulit ketiak, ucapkan selamat tinggal pada iritasi yang menyiksa.

Kulit cerah dan segar seharian saat berhijab dengan NIVEA Hijab Series untuk makin #YakinMelangkah. Beli langsung produknya di e-commerce, drugstore, dan outlet favoritmu, ya! Yuk, temukan informasi selengkapnya dengan follow akun Instagram @nivea_id.

Kembalikan Hidrasi Tubuh Saat Berbuka

Seharian tubuh tidak mendapatkan asupan cairan, ketika waktu berbuka tiba, saatnya mengembalikan hidrasi tubuh dengan minum air putih. Selain itu, mengonsumsi buah dan sayur yang kaya kandungan air juga bisa menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh selama berbuka.

Hindari Konsumsi Gorengan

Gorengan memang terlihat menggiurkan saat berbuka. Namun, hindari konsumsi makanan tersebut untuk menjaga kulit tetap sehat selama berpuasa, ya. Kandungan indeks glikemik yang tinggi pada gorengan ternyata berisiko merusak kolagen pada kulit. Efeknya adalah kulit yang tampak kusam dan berkeriput. Nggak hanya itu, kadar minyak yang tinggi pada gorengan juga bisa bikin kulit jadi lebih berminyak.

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa dilakukan untuk sayangi kulit selama berpuasa. Selamat mencoba! (eth)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading