6 Jenis Bunga yang Bermanfaat untuk Bahan Kecantikan

Kezia Prasetya Christvidya24 Mei 2020, 13:15 WIB
bunga-kezo

Fimela.com, Jakarta Bunga adalah bagian dari tanaman, yang memiliki bentuk yang indah, dan memilki banyak manfaat. Sering sekali bunga menjadi lambang cinta, dan biasanya dijadi kado spesial, untuk orang yang disayangi.

Selain itu, bunga juga bisa digunakan untuk aroma terapi, hingga dijadikan sebagai obat. Selain bisa digunakan sebagai aksesoris, bunga bisa digunakan sebagai bahan alami, yang bisa membuat Sahabat Fimela tampil lebih cantik.

Berikut 6 jenis bunga, yang memiliki manfaat untuk kecantikan, yang sudah dirangkum dari berbagai sumber:

Bunga Mawar

ilustrasi jenis bunga yang bermanfaat untuk kecantikan/pexels
ilustrasi jenis bunga yang bermanfaat untuk kecantikan/pexels

Bunga mawar adalah jenis bunga yang memiliki manfaat untuk kecantikan. Sering sekali bunga mawar dijadikan alami, untuk membuat sebuah produk kecantikan. Bunga mawar bisa sebagai bahan untuk air mawar, masker wajah, hingga pelembap.

Bunga mawar yang biasanya digunakan air mawar, berfungsi untuk membantu mengontrol minyak, dan bisa menghilangkan jerawat. Bunga mawar juga memiliki manfaat untuk meregenerasi kulit, bisa memperbaiki tekstur kulit, dan mencegah penuaan dini.

Lavender

ilustrasi manfaat bunga untuk bahan kecantikan/pexels
ilustrasi manfaat bunga untuk bahan kecantikan/pexels

Lavender adalah jenis bunga yang memiliki manfaat untuk kecantikan. Lavender memiliki aroma yang menenangkan, dan bisa dijadikan untuk bahan kecantikan. Bunga lavender biasa digunakan untuk bahan minyak esensial, yang berfungsi untuk aromaterapi, atau untuk bahan kecantikan.

Produk kecantikan yang menggunakan bahan bunga lavender, bisa digunakan untuk jenis kulit kering, berminyak dan sensitif. Bunga lavender bermanfaat untuk mengontrol minyak di wajah, membantu menenangkan kulit yang iritasi, dan bisa membuat kulit lembap.

Bunga lavender memiliki kandungan antibakteri dan antiseptik, yang bisa digunakan sebagai bahan masker, atau krim pelembap wajah.

Chamomile

ilustrasi jenis bunga untuk bahan kecantikan/pexels
ilustrasi jenis bunga untuk bahan kecantikan/pexels

Jenis bunga selanjutnya yang bisa dijadikan bahan kecantikan, adalah chamomile atau kamomil yang merupakan keluarga bunga matahari, dan merupakan bunga ajaib untuk kulit. Bunga chamomile memiliki kandungan yang bersifat anti peradangan, anti jamur, antibakteri dan antiseptik.

Kandungan yang terdapat pada bunga chamomile, dapat membantu mengembalikan elastisitas kulit, mengurangi kemerahan dan menenangkan kulit. Biasanya bunga chamomile digunakan sebagai bahan minyak esensial, atau digunakan sebagai bahan masker wajah, untuk membantu merawat kecantikan kulit.

Melati

ilustrasi manfaat bunga untuk bahan kecantikan/pixabay
ilustrasi manfaat bunga untuk bahan kecantikan/pixabay

Jenis bunga yang memiliki manfaat untuk bahan kecantikan selanjutnya, yaitu jasmine atau bunga melati, yang memiliki aroma harum. Bunga melati bisa digunakan untuk menambah rasa dalam teh atau hidangan manis, sebagai pengharum ruangan, dan juga dijadikan bahan perawatan kecantikan.

Bunga melati memiliki sifat antioksidan, anti inflamasi, dan juga bersifat antibakteri yang digunakan untuk bahan kecantikan. Bunga melati juga memiliki manfaat untuk melancarkan peredaran darah di wajah, melembapkan kulit wajah, dan bisa membantu mencegah penuaan dini.

Anggrek

ilustrasi jenis bunga untuk bahan kecantikan/pixabay
ilustrasi jenis bunga untuk bahan kecantikan/pixabay

Selain dijadikan sebagai tanaman hias, yang disukai ibu-ibu, bunga anggrek merupakan jenis bunga yang bisa digunakan untuk bahan kecantikan. 

Bunga anggrek bisa digunakan sebagai bahan produk kecantikan, yang cocok digunakan untuk kulit kering, karena bunga anggrek memiliki banyak manfaat. Ekstrak bunga anggrek dapat memberikan kelembapan pada wajah. Bunga anggrek juga memiliki kandungan mineral alami, yang dapat mengurangi tanda-tanda penuaan.

Bunga anggrek juga dapat membuat kulit wajah menjadi cerah, dan juga bisa meratakan warna kulit, yang menggelap karena paparan sinar matahari. Bunga anggrek digunakan sebagai bahan campuran minyak kelapa, yang dan diolah menjadi masker wajah, yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mata.

Bunga Matahari

ilustrasi jenis bunga untuk bahan kecantikan/pixabay
ilustrasi jenis bunga untuk bahan kecantikan/pixabay

Jenis bunga terakhir yang bermanfaat untuk bahan kecantikan adalah bunga matahari. Bunga matahari memiliki kandungan vitamin yang tinggi, yang bermanfaat untuk merawat kecantikan kulit.

Bunga matahari diolah sebagai bahan minyak esensial. Minyak bunga matahari ini memiliki sifat emolien, yang bisa menjaga kelembapan kulit.

Bunga matahari juga mengandung vitamin E, yang merupakan sumber antioksidan, dan berfungsi untuk melindungi kulit dari radiasi sinar matahari.

Bunga matahari juga mengandung vitamin A, vitamin C dan vitamin D, yang bisa membantu menyembuhkan jerawat.

Lanjutkan Membaca ↓