Sukses

Beauty

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Beruban

Fimela.com, Jakarta Uban merupakan rambut yang berubah warna dari hitam menjadi putih. Rambut berubah menjadi warna putih, karena kadar melanin rambut menurun. Kondisi ini sering terjadi pada usia lanjut, tapi juga bisa dialami seorang remaja.

Uban bisa membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Karena uban pada rambut dapat membuat penampilan terlihat tua. Sehingga sering kali rambut beruban diwarnai dengan warna hitam.

Sebenarnya penyebab uban tidak selalu karena faktor usia. Uban bisa terjadi karena banyak faktor atau penyebab, seperti faktor gaya hidup yang kurang baik. Berikut penyebab dan cara mencegah uban, agar uban tidak menganggu penampilan:

Penyebab Rambut Beruban

1. Keturunan

Penyebab rambut beruban adalah faktor keturunan. Menurut penelitian profesor klinis dermatologi di Pusat Medis Langone University New York Doris Day, rambut beruban bisa dipengaruhi karena faktor genetik atau keturunan. Biasanya orang tua akan menurunkan gen atau keturunan kepada anaknya. Seperti kebotakan, uban juga bisa disebabkan karena gen orang tua.

2. Lingkungan

Selain gaya hidup, rambut beruban bisa disebabkan karena faktor lingkungan. Faktor lingkungan yang kotor bisa merusak rambut. Rambut yang sering terpapar udara atau lingkungan kotor, yang mengandung polusi dan racun, bisa merusak kadar melanin rambut sehingga rambut menjadi beruban. Polusi yang disebabkan lingkungan kotor, menghasilkan radikal bebas, yang bisa merusak proses penuaan dini pada rambut.

3. Bahan Kimia

Rambut beruban bisa disebabkan karena bahan kimia. Terlalu banyak menggunakan bahan kimia, bisa merusak melanin pada rambut. Bahan kimia sering sekali ditemukan pada produk pewarna rambut. Sehingga seseorang yang memiliki uban, akan semakin banyak muncul uban jika rambut sering diwarnai. Selain itu, proses pengeringan rambut, juga bisa merusak rambut dan menjadikan rambut cepat beruban.

Cara Mencegah Uban

1. Gunakan Kopi

Kopi adalah bahan minuman yang sering dijadikan pengharum ruangan, atau dijadikan masker badan. Ternyata kopi bisa membantu mengatasi rambut beruban. Cara mengatasi rambut beruban dengan kopi sangatlah mudah. Selain digunakan untuk masker tubuh, kopi juga bisa digunakan untuk membuat masker rambut.

Sahabat Fimela hanya perlu mendidihkan air hangat dan kopi bubuk. Diamkan seduhan kopi sampai dingin, kemudian aplikasikan kopi ke rambut secara merata. Masker kopi bisa didiamkan selama 10 hingga 20 menit, kemudian bilas tanpa menggunakan sabun. Gunakan secara rutin.

2. Daun Jambu biji

Cara mengatasi rambut beruban, bisa menggunakan daun dari buah jambu biji, yang biasanya digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan. Sahabat Fimela bisa menggunakan daun jambu biji, untuk dijadikan masker rambut, agar uban dirambut hilang. Cukup tumbuk beberapa helai daun jambu biji, lalu campurkan dengan sedikit air, dan aplikasikan masker ke rambut. Masker rambut bisa didiiamkan selama 30 menit, dan bilas dengan air bersih. Gunakan masker rambut ini secara rutin 2 minggu sekali.

3. Biji Pepaya

Cara mengatasi rambut beruban, bisa menggunakan biji pepaya, dengan mengolahnya menjadi masker rambut. Biji pepaya memiliki kandungan alami alkaloid, streid, tannin dan minyak atsiri. Biji pepaya bisa digunakan untuk menghitamkan rambut secara alami, sehingga bisa membantu mengatasi rambut beruban, tanpa menggunakan proses kimia. Biji pepaya yang sudah dikeringkan bisa disangrai, lalu tumbuk biji pepaya yang sudah disangrai, dan tambahkan sedikit minyak kelapa. Aplikasikan masker rambut dari biji pepaya, keseluruh bagian rambut, dan kemudian diamkan selama beberapa saat. Setelah itu, cuci rambut hingga bersih, dan lakukan secara rutin untuk mendapat hasil maksimal.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading