5 Cara Memilih Alat Catok Sesuai Kebutuhan Rambut

Nabila Mecadinisa27 Mei 2020, 12:00 WIB
Ilustrasi rambut

Fimela.com, Jakarta Rambut adalah penunjang penampilan. Untuk menyempurnakan penampilannya, para perempuan kerap menggantungkaan penataannya pada hair tools berupa alat catok. Hair straightner atau alat catok adalah investasi untuk rambut optimal tanpa harus ke salon.

Namun menentukan alat catok yang tepat tidaklah mudah, banyak pertimbangan yang harus disesuaikan agar kamu bisa memiliki alat catok yang sesui dengan kebutuhan rambut. Penasaran apa saja? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Tentukan fungsinya

Inovasi teknologi kian berkembang, kini alat catok tak hanya memiliki fitur pelurus rambut saja, namun banyak juga yang dilengkapi dengan keunggulan dan fungsi lain seperti; dapat dipakai sebagai alat untuk menjadikan rambut ikal. Jadi sebelum membeli, pastikan kembali alat catok apa yang kamu inginkan.

5 Cara Memilih Alat Catok Sesuai Kebutuhan Rambut

Ilustrasi rambut
5 langkah memilih alat catok sesuai kebutuhan rambut agar tertata sempurna. (Foto: Unsplash)

2. Pahami bentuknya

Bentuk alat catok yang variatif juga diiringi dengan fungsi beragam. Untuk alat catok dengan bentuk melengkung, bisanya sekaligus dapat menjadi alat pengeriting rambut. Lalu jika kamu ingin hasil rambut lurus seketika, maka bisa memilih alat catok dengan permukaan lebar. Sedangkan bila kamu memiliki helai rambut tipis, maka pilih alat catok dengan permukaan yang tidak terlalu lebar sehingga rambut tidak lepek.

3. Ketahui jenisnya

Plates pada alat catok juga beragam. Material titanium biasanya mampu hasilkan panas cepat dan merata yang dapat luruskan rambut sangat keriting. Sedangkan catokan ceramic biasanya dapat menghasilkan tekstur rambut yang halus, dan untuk lapisan tourmaline atau yang kerap disebut dengan ionic plates, maka biasanya mampu memproduksi ion negatif yang dapat mengurangi tekstur rambut kering, kaku, dan rusak.

5 Cara Memilih Alat Catok Sesuai Kebutuhan Rambut

Ilustrasi rambut
5 langkah memilih alat catok sesuai kebutuhan rambut agar tertata sempurna. (Foto: Unsplash)

4. Pilih yang ada pengaturan suhu

Suhu panas adalah salah satu penyebab rambut rusak. Sedangkan alat catok mengandalkan hawa panas agar dapat menata rambut dengan efektif. Untuk meminimalisir kerusakan pada rambut, maka pilihlah alat catok yang dilengkapi dengan pengatur suhu sehingga dapat disesuaikan dengan kondisi rambut yang kamu miliki.

5. Jangan lupakan daya

Setiap alat catok membutuhkan daya listrik yang berbeda-beda. Jangan lupa untuk pilih daya ekonomis, sehingga tidak membebani tagihan listrik kamu saat alat catok digunakan. Dengan cara tersebut, maka kamu dapat memaksimalkan penggunaan alat catok dengan lebih nyaman.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓