Cegah Penuaan Dini, 6 Produk Skincare yang Wajib Digunakan Perempuan di Usia 40an

Vinsensia Dianawanti27 Mei 2020, 12:30 WIB
ilustrasi penuaan dini/pexels

Fimela.com, Jakarta Munculnya garis halus, kerutan, dan bintik hitam menjadi tanda penuaan dini. Penuaan dini seperti umum dialami oleh perempuan yang memasuki usia 40an. Perlu dipahami bahwa penuaan bukan hal yang bisa dihilangkan, melainkan bisa ditunda dengan menggunakan produk skincare.

Seperti dilansir dari Purewow pada Rabu (26/5/2020) perempuan di atas 40an wajib memiliki enam produk skincare berikut ini untuk mencegah tanda penuaan dini dan merawat kulit agar tetap sehat. Apa saja?

1. Pembersih ringan

Pembersih yang ringan sama pentingnya dengan rutinitas perawatan kulit yang lainnya. Direkomendasikan untuk mulai menggunakannya sejak 20an. Kamu bisa menggunakan pembersih ringan dengan formula pH yang tepat untuk membersihkan kotoran dan riasan tanpa menghilangkan kelembapan kulit.

2. Tabir surya

Di usia yang tidak lagi muda, tentu kamu perlu mendapatkan perlindungan ekstra pada kulitnya. Ketika terpaksa harus keluar rumah, tetap gunakan sunscreen minimal SPF 30+. Diaplikasikan secara berulang untuk mencegah bahaya sinar matahari yang bisa merusak kulit.

 

Produk skincare yang wajib dimiliki

ilustrasi kentang mencegah penuaan dini/pixabay
ilustrasi kentang mencegah penuaan dini/pixabay

3. Pelembap

Seiring bertambahnya usia, kulit menjadi kering dan lebih tipis membuat pelembap yang menghidrasi menjadi penting. Kamu bisa mencari formula pelembap yang mengandung asam lemak, asam hialuronat, atau ceramied. Bahan-bahan ini akan memberikan nutrisi penghalang kulit yang sehat dan terhidrasi dengan baik.

4. Serum antioksidan

Semakin cepat menggunakan serum antioksidan, semakin baik. Antioksidan ini bertindak sebagai perisai yang melindungi kulit dan bekerja meminimalisir kerusakan akibat radikal bebas dari polusi dan sinar matahari yang menyebabkan penuaan dini. Selain itu, serum ini dapat menyamarkan penampilan garis halus, kerutan, dan mencerahkan kulit.

 

Produk skincare yang wajib dimiliki

Lawan Tanda Awal Penuaan Dini dengan Satu Langkah Mudah, Apa Itu?
Lawan Tanda Awal Penuaan Dini dengan Satu Langkah Mudah, Apa Itu?

5. Krim retinol

Retinol telah terbukti secara klinis untuk merangsang produksi kolagen dan mengurangi munculnya garis halus dan kerutan. Perlu waktu dan penggunaan konsisten agar dapat melihat hasilnya. Namun jika kamu memiliki kulit yang cenderung sensitif dan kering, lebih baik konsultasikan retinol dengan dermatologi untuk menghindari iritasi.

6. Krim mata

Karena kulit di sekitar mata sangat tipis, ia menjadi yang pertama menunjukkan tanda penuaan dini. Krim mata dirancang untuk melawan keriput, meningkatkan elastisitas, dan melembapkan. Ketika mengaplikasikannya, kamu hanya perlu menepuk-nepuk, jangan menarik, apalagi menggosok kulit mata yang berisiko memunculkan garis halus.

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓