Sukses

Beauty

7 Penyebab Jerawat Terasa Gatal dan Mengganggu

Fimela.com, Jakarta Jerawat adalah masalah kulit sejuta umat. Menjadi problematika kulit yang sulit dihindari, maka kita harus memahami cara menangan jerawat yang tepat. Selain mengganggu penampilan, jerawat juga menimbulkan rasa tidak nyaman.

Gatal dan panas adalah rasa yang sering dirasakan bagi kamu yang memiliki kulit berjerawat. Bukan tanpa sebab, tapi faktanya, jerawat yang tersa gatal dikarenakan sejumlah penyebab yang wajib kamu ketahui, penasaran apa saja? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Efek penggunaan obat jerawat

Obat jerawat memang menimbulkan sejumlah efek pada kulit. Bahkan bagi kamu yang punya kulit sensitif, kandungan obat jerawat justru bisa membuat kulit jadi alergi, kering, terkelupas, dan menimbulkan rasa gatal. Benzoil peroksida, asam salisilat, retinoid, adalah kandungan yang kerap menimbulkan rasa gatal. Jadi, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk penanganan tepat bagi jerawat yang kamu miliki.

Penyebab jerawat terasa gatal

2. Matahari

Sinar matahari juga memicu rasa gatal pada jerawat. Agresi sinar UV tersebut dapat merangsang jerawat jadi meradang. Oleh sebab itu, hindari paparan sinar matahari langsung saat kulit sedang berjerawat. Atau jika terpaksa harus aktivitas luar ruangan, jangan lupa untuk proteksi kulit dengan sunscreen yang dilengkapi dengan SPF.

3. Alergi

Alergi juga menjadi pemicu kulit berjerawat terasa gatal. Jika terjadi, hentikan penggunaan obat jerawat untuk sementara dan atasi dengan aloe vera gel atau produk yang bersifat menenangkan kulit untuk redakan rasa gatal yang mengganggu.

Penyebab jerawat terasa gatal

4. Keringat

Keringat dan jerawat tentu sangat terasa tidak nyaman. Selain itu, produksi minyak pada kulit dan bercampur dengan keringat justru bisa menimbulkan sumbatan pada pori-pori. Jadi, pastikan untuk segera bersihkan wajah setelah berkeringat.

5. Makeup

Sebisa mungkn hindari penggunan makeup saat kulit sedang berjerawat. Makeup mampu menyumbat pori-pori dan membuat jerawat meradang, menimbulkan rasa gatal dan kurang nyaman pada kulit.

6. Tanda jerawat akan sembuh

Jerawat yang akan sembut juga akan menimbulkan rasa gatal. Biasanya, kulit akan mengalami kemerahan, dan putsular akan diganti dengan kulit baru yang lebih sehat. Pada proses ini maka kulit baru akan muncul.

7. Kulit kering

Kulit kering juga menyebabkan jerawat semakin terasa gatal dan tidak nyaman. Jadi, pastikan asupan hidrasi kulit terpenuhi agar jerawat tidak terasa mengganggu dan meminimalisir peradangan.

 

 

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading