Sukses

Beauty

5 Cara Mengenali Skincare yang Kedaluwarsa

Fimela.com, Jakarta Kedaluwarsa tak hanya berlaku pada makanan saja, tapi kedaluwarsa juga penting bagi produk kecantikan yang kamu gunakan. Kosmetik ataupun skincare memiliki tanggal kedaluwarsa yang harus kamu pahami.

Namun seringkali, kita lupa pada tanggal kedaluwarsa produk. Dan yang kerap dialami adalah, tanggal kedaluwarsa sudah hilang dari kemasan, sehingga kita sulit untuk mengetahuinya.

Sejumlah produk dapat memperlihatkan tanda-tanda yang dapat kita kenali. Penasaran seperti apa? Simak selengkapnya berikut ini.

 

Cleanser

Produk cleanser umumnya memiliki tanggal kedaluwarsa selama satu tahun. Apa lagi jika memiliki formula water-based, maka biasanya akan mengalami tenggat waktu lebih cepat. Mengenali cleanser kedaluwarsa sangat mudah. Jika tekstur berubah, berbau aneh, mengalami perubahan warna, maka tandanya, produk tersebut sudah harus disingkirkan.

Moisturizer

Apapun lotion yang kamu miiliki, maka maksimalkan mas simpan hingga satu tahun setelah kemasan dibuka. Biasanya tekstur produk sudah berubah dan terdapat gumpalan. Bila terjadi, maka saatnya untuk berhenti menggunakan produk tersebut.

Vitamin C

Produk vitamin C terutama serum mudah sekali teroksidasi. Oleh sebab itu, simpanlah produk di tempat yang teduh dan tidak terpapar sinar matahari. Jika terjadi, maka biasanya serum akan berubah warna jadi kekuningan dan sebaiknya untuk tidak menggunakannya lagi.

Chemical Exfoliation

Produk chemical exfoliation berupa AHA atau BHA tidak akan efektif jika sudah kedaluwarsa. Biasanya, masa simpan 6 bulan hingga satu tahun setelah dibuka.

Sheet Mask

Sedangkan sheet mask memiliki usia yang cukup panjang. Memiliki usia simpan 3 tahun. Jika sudah kadarluasa, maka akan tercium bau yang aneh disertai warna essence yang sudah berubah.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading