Cara Menghilangkan Komedo Alami dari Lemon Hingga Gula

Anisha Saktian Putri02 Jun 2020, 16:00 WIB
Munculnya Jerawat, Komedo, dan Flek Hitam

Fimela.com, Jakarta Komedo tidak hanya terjadi pada kulit wajah berminyak, melainkan dapat terjadi pada semua jenis kulit. Biasanya masalah wajah ini disebabkan ketika pori-pori tersumbat oleh sel kulit mati dan sebum.

Jika tidak langsung dibersihkan, komedo tersebut akan menyebabkan jerawat. Ada beberapa cara alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan komedo. Berikut ulasannya, dilansir dari food.ndtv.com.

1. Masker madu lemon

Cara mudah dan efektif untuk menghilangkan komedo jahat adalah dengan menggunakan masker lemon-madu sederhana. Sifat astringen lemon membuka pori-pori yang tersumbat, sementara madu dengan sifat antibakterinya menjaga aksi bakteri yang menyebabkan komedo.

Cara mengoleskan: Ambil satu sendok teh jus lemon dan tambahkan setengah sendok teh madu ke dalamnya dan aduk hingga tercampur rata. Oleskan campuran ini ke hidung. Biarkan selama 15 menit. Setelah kering, cuci dengan air hangat. Ulangi 3-4 kali dalam seminggu untuk hasil terbaik.

2. Masker putih telur

Komedo
Ilustrasi komedo/copyright shutterstock

Putih telur tidak hanya sehat untuk diet, tetapi juga untuk kulit kita. Dengan tekstur lengketnya, ia dengan mudah menempel di hidung dan membersihkan komedo yang membandel dengan mengecilkan pori-pori dan mengencangkan kulit untuk menjaga pembentukan komedo.

Cara mengoleskan: Kocok putih telur dan tambahkan sekitar dua sendok teh jus lemon. Oleskan masker putih telur ini ke area yang berkomedo. Biarkan lapisan ini mengering. Oleskan lapisan kedua, dan biarkan selama 15-20 menit. Bilas masker dengan air . Pastikan mencucinya dengan benar agar baunya tidak tetap.

3. Gula

Gunakan scrub gula dan minyak jojoba untuk membantu mengurangi produksi sel kulit mati dan mencegah komedo.

Cara mengoleskan: Ambil tiga sendok makan minyak jojoba dan campur dengan satu cangkir gula putih. Aduk sampai tercampur rata. Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak almond selain minyak jojoba. Oleskan scrub pada kulit dan pijat. Bilas scrub dengan air hangat. Untuk hasil terbaik, dapat menggosok setidaknya dua kali seminggu.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓