Jangan Stres, Ini 7 Produk Skincare yang Wajib Digunakan Jelang New Normal

Vinsensia Dianawanti06 Jun 2020, 16:00 WIB
skincare-kezo

Fimela.com, Jakarta Selain jenis makanan dan kualitas tidur, tekanan dan stres juga berpengaruh pada kondisi kulit. Terlebih jelang diberlakukannya new normal, ada beragam persiapan yang harus dilakukan ketika nanti bisa beraktivitas di luar rumah. Mulai dari membawa hand sanitizer, kewajiban menggunakan masker, hingga tetap harus menjaga jarak dengan orang lain.

Persiapan yang jauh lebih banyak dibandingkan sebelumnya bisa menimbulkan stres karena kamu harus terus beradaptasi dengan kebijakan new normal. Sementara, kondisi mental yang tidak baik akan memberikan pengaruh buruk pada kondisi kulit.

Sebelum menghadapi new normal yang menimbulkan stres, ada baiknya kamu sedikit melakukan relaksasi dengan perawatan kulit yang tepat. Seperti dilansir dari Real Simple pada Sabtu (6/6/2020), setidaknya kamu bisa menggunakan tujuh produk skincare yang wajib digunakan sebelum new normal.

1. Pembersih

Tujun dari produk ini adalah membersihkan kulit tanpa merusak penghalang kulit. Beberapa produk pembersih memiliki sifat yang cukup keras, yang dapat mengupas penghalang kulit. Kamu bisa menggunakan produk pembersih yang ringan dimulai dengan menggunakan cleansing oil.

Minyak pembersih ini bukan sekadar membersihkan kulit namun bisa kamu gunakan untuk memijat wajah sehingga dapat meredakan otot. Setelah itu, kamu bisa menggunakan sabun cuci muka yang tidak memiliki busa untuk menyeimbangkan pH kulit dan melepaskan kotoran tanpa menghilangkan minyak alami.

 

2. Serum

Ilustrasi skincare
Ilustrasi skincare. Sumber foto: unsplash.com/Charisse Kenion.

Carilah serum yang menenangkan untuk mengatasi kulit sensitif akibat stres. Kamu bisa mencari serum dengan kandungan ceramide dan asam lemak untuk memperbaiki lapisan kulit luar. Kandungan niacinamide dan vitamin B3 juga berfungsi untuk mendukung fungsi lipid sehingga membantu kulit mempertahankan kelembapan.

3. Krim malam

Kadar hidrasi kulit menurun mulai sore hari sehingga krim malam menjadi sangat penting. Direkomendasikan untuk menggunakan produk dengan kandungan asam hialuronat atau ceramide. Keduanya mendukung pertahanan kulit dan menjaga kelembapan kulit.

4. Retinol

Ada berbagai perawatan yang dapat membantu melawan tanda-tanda stres pada kulit. Retinol menjadi salah satu bahan yang dikenal untuk anti penuaan. Selain itu, ia cukup efektif untuk mengatasi jerawat dan noda. Kamu bisa mengaplikasikannya setelah membersihkan wajah untuk memberikan perlindungan ekstra pada kulit.

 

5. Masker

ilustrasi skincare/unsplash
ilustrasi skincare/unsplash

Masker membantu mengatasi peradangan yang disebabkan oleh stres. Carilah masker yang berfungsi untuk membersihkan sekaligus menenangkan kulit. Kamu bisa mencari masker yang mengandung melatonin untuk menenangkan kulit yang meradang. Beberapa produk clay mask membantu mengendalikan kelebihan minyak dan menghilangkan kotoran kulit.

6. Eye mask

Kulit di bawah mata adalah salah satu bagian kulit yang paling tipis atau paling sensitif pada tubuh. Sehingga berisiko untuk mengalami kekeringan, iritasi, sehingga bengkak. Masker mata yang menenangkan sangat baik untuk mengatasi stres pada kulit. Terlebih, jika masker dimasukkan ke dalam kulkas sehingga menyimpan efek dingin yang menyegarkan.

7. Lip care

Pada beberapa orang, stres bisa merangsang reaksi menggigit kuku bibir yang menyebabkan kekeringan dan keretakan pada bibir itu sendiri. Pilihlah produk bibir yang lebih mirip masker sehingga memberikan hidrasi lebih. Selain itu, bisa juga menggunakan produk lip balm yang bertekstur mirip seperti mentega untuk memberikan kelembapan pada bibir.

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓